50 Kota

Hebat! Murid dan Guru SDN 04 Batubalang Bersihkan Taman Makam Pahlawan

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Ada inovasi dalam menanamkan nilai-nilai, mencintai pahlawan bangsa yang dilakukan keluarga besar SDN 04 Batubalang, Kecamatan Harau, berupa kegiatan membersihkan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Payakumbuh.

Kegiatan yang mulia ini diikuti 92 orang, terdiri dari 76 peserta didik, 12 orang guru, 2 orang anggota Komite Sekolah dan 2 orang perangkat Pemerintahan nagari Batubalang, Senin (15/8/2022).

Pendiri bangsa Indonesia Ir. Soekarno, selalu berpesan, “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Sebagai lembaga pendidikan dasar tepat sekali sekolah ini, memberikan contoh dan keteladanan bagi peserta didiknya, untuk melihat sendiri makam pahlawan bangsanya, dengan merapikan dan membersihkan pusara makam pahlawan tersebut. Dengan sendirinya peserta didik akan mengetahui nama pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Payakumbuh.

Kepala sekolah SDN 0r Batubalang, Masrimal, S.Pd Dt.Nan Kodo nan Itam,ketika dihubungi Pilarbangsa News, Senin(15/8/2022 sore menjelaskan, bahwa program pengabdian untuk pahlawan bangsa merupakan contoh penanaman nilai-nilai yang harus ditanamkan kepada peserta, walaupun itu dalam bentuk sederhana, tetapi sangat diresapi oleh peserta didik, ujar Kepsek yang juga Sekretaris Kerapatan Adat Nagari Batubalang.

“Kami ingin anak-anak se usia sekolah dasar ini mengenali sekaligus menghargai jasa -jasa para pahlawan bangsanya dan siap membela bangsa dan negara serta memajukannya,” papar Dt Nan Kodo.

Pimpinan rombongan dalam kegiatan ini Alfian,S.Pd Dt. Sindo Nan Panjang menjelaskan, target kegiatan di makam pahlawan adalah membersihkan areal makam, melakukan pengecatan dan merapikan makam, sehingga menjadi bersih dah indah dan siap untuk menerima tamu dalam rangka pelaksanaan kegiatan renungan suci dalam rangka HUTRI ke 77 dan tabur bunga,jelasnya

Ditambahkannya, peserta didik bersemangat membersihkan makam pahlawan dan mereka antusias mengetahui nama pahlawan bangsa yang dimakamkan di sini.

Sementafa itu, Kadis Dikbud Limapuluh Kota Hj.Indrawati Munir ketika dikonfirmasi menjelaskan media ini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sekolah ini adalah untuk menanamkan kesadaran mencintai pahlawan bangsa.

“Kami sangat bangga SDN 04 Batubalang mampu memberikan kesadaran kepada peserta didiknya untuk menghargai jasa pahlawan, apalagi negara kita sudah 77 tahun merdeka,” ujar Kadis yang juga seorang pendidik itu.

Mudah-mudahan sekolah lain juga bisa membuat inovasi untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran mencintai pahlawan bangsanya,” sebut Indrawati Munir. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *