Payakumbuh

Wahyudi Thamrin, SH,MH: Pj Wako Payakumbuh Idealnya Pamong yang Paham Kondisi Daerah

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Usia jabatan Riza Falepi, ST sebagai Wali Kota Payakumbuh tinggal hitungan hari saja lagi. Tepatnya akan berakhir pada tanggal 22 September 2022 ini.

Lantas, mau tak mau yang akan memimpin kota yang berpenduduk lebih kurang 120 ribu jiwa itu ajan dipimpin oleh seorang Pj yang ditentukan pemerintah pusat.

Lantas, figur semacam apa idealnya yang pas akan memimpin kota kuliner yang terdiri 5 kecamatan itu?

PilarbangsaNews coba berbincang bincang dengan tokoh muda Luak Limopuluh, Wahyudi Thamrin, SH, MH disebuah warung kopi di pusat Kota Payakumbuh, Minggu (18/9/2022) siang.

Untuk figur seorang Pj Wali Kota Payakumbuh memang dibutuhkan seorang yang paham akan kondisi daerah Kota Payakumbuh, sebut Yudi begitu panggilan akrabnya membuka pembicaraan. “Disamping seorang pamong, yang menurut saya tentu pejabat yang mengenali utuh situasi dan kondisi daerah ini,” tegasnya.

Memang saat ini, lanjut Yudi ada 3 orang pejabat eselon II senior yang sudah diusulkan, baik oleh pemerintah daerah maupun pusat. “Dari ketiga orang pamong senior itu, yang berdomisi dan sedang bertugas di Kota Payakumbuh hanya satu orang, yakni Sekdako Pak Rida Ananda,” sebut Wahyudi yang juga merupakan ketua AMPI Provinsi Sumatera Barat.

Diteruskannya, siapun yang diamanahkan pemerintah pusat menjadi Pj.Wali Kota Payakumbuh, tugas dan beban yang diembannya cukup berat. Kenapa, tanya Yudi yang langsung dijawabnya, karena masa jabatan seorang Pj Wali Kota Payakumbuh cukup lama, lebih dari dua tahun.

“Dalam priode dua tahun lebih itu juga akan berlangsung pesta demokrasi Pilpres. Seorang Pj dituntut untuk mensukseskannya,” ujar Yudi meneruskan.

Dan yang takkalah pentingnya menurut Yudi, seorang figur Pj itu disamping telah mengenali situasi dan kondisi sosial daerah Kota Payakumbuh ini, juga yang mampu dan nyambung untuk melanjutkan program dan visi misi wali kota terdahulu (Riza Falepi, Red).

“Untuk itu, saya berpendapat sosok yang mungkin dan patut menjadi Pj dari 3 orang nominasi itu adalah Sekdako sekarang, Pak Rida Ananda,” tukas Yudi.

Andai Pak Rida duduk sebagai Pj, dengan sendirinya tentu dipilih pula seorang Pj atau Plt Sekdako. “Memilih Sekda juga bukan pekerjaan gampang, disamping ia seorang birokrat dan pamong senior dijajaran Pemko Payakumbuh sekarang, dia juga paham dengan situasi dan kondisi intermal,” kata Yudi Thanrin membeberkan argumentasinya.

“Pandang jauah dilayangkan, pandang dakek ditukiak-an, maka menurut saya yang amat pas menjadi Pj atau Plt sekda ini adalah Aisten II sekarang, yakni Pak Elzadaswarman atau lebih dikenal dengan panggilan akrabnya Om Zet,” sebut Yudi mengakhiri. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *