.

Pemilik Lahan Intervensi Rekanan, Pokir Ali Tanjung Terancam Batal

Pesisir Selatan, PilarbangsaNews

Dana Pokir Anggota DPRD Sumbar atas nama Ali Tanjung, yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan Provinsi, di SMKN 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terancam batal.

Pasalnya, proyek pembangunan pagar SMKN 1 yang sebelumnya diusulkan pihak sekolah kepada Anggota DPRD Fraksi Demokrat Ali Tanjung itu, terkendala karena kepemilikan lahan. Pihak pemilik lahan yang menghibahkan melakukan tekanan kepada CV. Bunga Tambang selaku rekanan pelaksana. Akibatnya, rekanan menyatakan tidak sanggup mengerjakan kegiatan tersebut.

Ketidaksanggupan itu disampaikan langsung oleh Direktur CV. Bunga Tambang, Elman Junaidi kepada Wakil Kepala SMKN 1 Linggo Sari Baganti, Surya, usai pertemuan dengan pihak yang menghibahkan lahan yaitu Amin (53 th). Hadir dalam mediasi itu Camat Linggo Sari Baganti, Busrasol, SH dan Kapolsek Linggo Sari Baganti Iptu Hendra, SH, MH yang didampingi Kanit Reskrim dan Babinkamtibmas, diruang sekolah setempat, Kamis (27/10/2022).

Mediasi tersebut tidak membuahkan kesepakatan. Amin tidak mengizinkan rekanan pelaksana untuk mengerjakan pembangunan pagar sekolah tersebut, kecuali bila kegiatan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada dirinya.

Amin juga menegaskan bahwa seluruh tanah yang dihibahkan kepada sekolah tersebut, belum sepenuhnya menjadi milik sekolah, kecuali bila pihak sekolah telah membangunkan kantin dan melakukan pendataran dan pelebaran tanah untuk dirinya disamping sekolah. “Sebelum hal tersebut dipenuhi pihak sekolah, maka apapun pembangunan yang masuk ke sekolah harus dia yang mengerjakan,” ujar Amin.

Keinginan Amin tersebut ditolak Elman Junaidi. Penolakan itu karena tanggungjawab pekerjaan diserahkan sepenuhnya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat kepada dirinya. Dia harus menjaga mutu pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak kerja.

Elman Junaidi mengatakan tidak bersedia menyerahkan tanggungjawab pekerjaan kepada pihak lain (subkon) apalagi mereka tidak memiliki anggaran dan keahlian di bidang bangunan. “Saya tidak bersedia menyerahkan tanggungjawab ini kepada pihak manapun, apalagi mereka tidak memiliki anggaran dan keahlian di bidang bangunan. Seandainya apa-apanya nanti, tentu saya juga yang mempertanggungjawabkannya nanti,” tegas Elman Junaidi.

Hingga kini, pembangunan pagar belum dilaksanakan, Sementara Kepala SMKN 1 Linggo Sari Baganti, Drs. Samsu Rizal, M.Pd yang awalnya mengundang Direktur CV. Bunga Tambang, terpantau tidak hadir pada acara mediasi tersebut. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *