Tanah Datar

Ranperda APBD 2023 Disepakati, DAK Naik Signifikan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya meningkatkan pembangunan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tercermin dari meningkatnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam perencanaan anggaran sebesar Rp31 miliar untuk tahun anggaran 2023.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar dengan agenda penandatanganan Persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tahun Anggaran 2023, di Ruang Rapat setempat, Jumat (18/11/2022).

Rapat paripurna dipimpin oleh Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dan Saidani, dihadiri oleh 28 anggota dan Sekretaris Dewan Tanah Datar Yuhardi, disaksikan Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar.

Bupati Eka Putra mengatakan target pembangunan pada tahun 2023 akan dicapai melalui pelaksanaan Program Unggulan Daerah dan berupaya mencapai target RPJMD 2021-2026. Namun karena ketergantungan daerah terhadap dana transfer, pada tahun anggaran 2023 terjadi perubahan regulasi terkait dana transfer, khususnya Dana Alokasi Umum (DAU).

“Untuk menutupi keterbatasan dana alokasi umum tersebut, alhamdulillah berkat koordinasi yang intensif antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, alokasi DAK fisik tahun anggaran 2023 meningkat sebesar Rp59 miliar pada tahun anggaran 2022, meningkat Rp31 miliar menjadi Rp90 miliar pada tahun anggaran 2023,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua,beserta anggota dewan yang terhormat, Forkopimda Tanah Datar, pimpinan OPD dan seluruh jajaran yang telah bekerja keras menyelesaikan perencanaan anggaran tahun 2023 mendatang.

Di akhir sambutan Bupati mengingatkan pimpinan dan jajaran OPD untuk dapat mencapai visi dan misi Kabupaten Tanah Datar 2021-2026 dengan tetap profesional melalui kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kondisi kerja RPJMD yang memungkinkan, inovatif dan kreatif.

Sementara itu, Ketua Tim Banggar DPRD Tanah Datar Anton Yondra membacakan hasil pembahasan Perda APBD Tahun 2023 yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan tanggal 17 November 2022 dan dengan hasil rumusan Pendapatan sebesar Rp. 1.242.419.460.850,00,Belanja sebesar Rp1.302.669.460.850,00,dengan Surplus/defisit Rp.60.250.000.000,00.

Anton Yondra tambahkan, kesepakatan tersebut telah disetujui fraksi-fraksi pada pendapat akhir 8 fraksi yang disampaikan masing-masing juru bicara yaitu Fraksi PKS dengan juru bicara Nurzal, Fraksi Nasdem dengan juru bicara Nova Hendria, Fraksi pan dengan juru bicara Alimuhar St. Tunaro, Fraksi partai Gerindra dengan juru bicara Jonnedi, Fraksi Perjuangan Golkar dengan juru bicara Herman Sugiarto, Fraksi partai Demokrat dengan juru bicara Syafril, Fraksi Partai Hanura dengan juru bicara Benny Apero, Fraksi PPP dengan juru bicara Arianto. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *