.

Bupati Eka Putra Launching Nagari Statistik, Nagari Cubadak Percontohan Di Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum dijadikan sebagai percontohan nagari statistik di Kabupaten Tanah Datar, yang juga terkait dengan program Satu Data Indonesia, dan nagari sebagai miniatur penyelengaraan statistik statistik sektoral.pencanangan disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di Aula Panti Tresna Werda Kasih Sayang Ibu Cubadak Lima Kaum, Selasa (22/11/2022).

Nagari Cubadak ditetapkan sebagai nagari statistik percontohan mulai tahun 2021 lalu dan sudah berdasarkan Keputusan Bupati Tanah Datar.

Yusrizal Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar mengatakan bahwa nagari Cubadak layak menjadi nagari statistik dan layak menjadi percontohan bagi nagari lain di Tanah Datar karena dari hasil rapat koordinasi statistik seluruh kabupaten dan kota se Sumatera Barat sejak tahun 2019 lalu tentang pembentukan nagari statistik di Sumatera Barat.

“Pengembangan Nagari Cubadak sebagai nagari statistik sudah berjalan sejak tahun 2020,jadi sudah dua tahun lebih Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Sumbar, BPS Sumbar dan Dinas Kominfo Tanah Datar berkolaborasi untuk memberikan pembinaan dan pada tahun 2021 Cubadak ditetapkan sebagai statistik nagari, yang telah berdasarkan Keputusan Bupati,” katanya.

Yusrizal mengatakan, Nagari Cubadak dipilih menjadi percontohan karena dilihat dari aspek leadership,antusiasme, potensi wilayah, infrastruktur, jaringan atau akses internet, dan tapal batas wilayah,untuk nagari Cubadak sudah di tetapkan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 41 tahun 2021.

H. Herum Fajarwati, MM Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumbar, dalam pertemuan itu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan nagari Cubadak atas dukungan nagari statistik tersebut dan menyampaikan bahwa ada dua agenda besar BPS kali ini yang akan dilaksanakan yaitu densus penduduk lanjutan dan pendataan awal registrasi sosial ekonomi, yang baru saja menyelesaikan tahap awalnya pada 14 November lalu.

Diakui Herum, pendataan yang sudah dilakukan oleh Nagari Cubadak akan mempermudah proses perencanaan pembangunan daerah karena semua data yang dibutuhkan sudah ada secara digital.

“Lahirnya nagari statistik merupakan terobosan besar dalam pengembangan statistik di Provinsi Sumatera Barat. Dengan dukungan layanan Kominfotik Sumbar, telah berkembang dan mencakup hampir 200 nagari statistik, yang akan menjadi kekuatan utama pembangunan di Sumatera Barat,” katanya.

Herum juga berharap komitmen Bupati Tanah Datar dengan melaunching nagari statistik ini agar semua nagari yang ada di Tanah Datar menjadi nagari statistik, suatu kemewahan karena pendataan sangat sulit dan membutuhkan tenaga.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra usai melaunching nagari statistik mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada OPD terkait baik Provinsi Sumbar maupun juga Kabupaten Tanah Datar yang telah memberikan pembinaan sehingga dapat terbentuk nagari statistik dengan data geospasia yang memiliki titik koordinat sehingga data masyarakat akan mudah dilacak.

“Nagari Statistik sangat didukung oleh batas wilayah nagari,dari ini harus jelas Nagari Cubadak sudah selesai.maka ini cepat dan kita apresiasi, ini juga perlu dukungan Kerapatan Adat Nagari (KAN), BPRN, tokoh masyarakat dan unsur lainnya,” kata Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga mengatakan, Nagari Cubadak berpotensi menjadi nagari maju berkat letaknya yang strategis di pintu masuk kota Batusangkar dan dekat kampus UIN Batusangkar.

“Marilah kita jadikan Nagari Cubadak sebagai motivasi bagi Nagari lainnya, saya akan berkomitmen dan berusaha untuk menjadikan nagari-nagari yang ada di Tanah Datar ini sebagai nagari statistik. Dari sini saya juga meminta wali nagari untuk membuat komitmen, yang mana syaratnya batas wilayah administrasi, ” ulasnya.

Sebelumnya Wali Nagari Cubadak Dr.Asrizallis, S.Sos, M.Pdi,MM.MSn,M.SI,M.Sos menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah memberikan arahan dan Pemkab Tanah Datar yang telah melaunching nagari Statistik dalam paparan singkatnya.

Turut hadir saat launching tersebut Forkompimda Tanah Datar, Asisten Administrasi Umum Ir. Helfi Rahmi Harun, Kepala OPD, Kabid Statistik Diskominfotik Sumbar Oni Fajar Syahdi, MMA, Camat dan Wali Nagari se-Tanah Datar dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *