Tanah Datar

Bunda PAUD Ny. Lise Eka Putra ; Kita Akan Berjuang Bersama untuk Pendidikan Anak

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Ada sekitar 390 guru PAUD yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar dan mereka melakukan rangkaian kegiatan yang berpusat di Istano Basa Pagaruyung dan dilakukan secara mandiri, sungguh luar biasa.

“Ini adalah bentuk kecintaan guru-guru PAUD terhadap profesi guru dengan tujuan mencerdaskan generasi penerus bangsa, kalau tidak pasti tidak akan terlaksana, ini luar biasa dan saya apresiasi,” ujar Ny. Lise Eka Putra.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Gebyar Pendidik PAUD se-Kabupaten Tanah Datar di Istano Basa Pagaruyung, Rabu (07/12/2022).

“Kita akan bersinergi untuk memajukan pendidikan di Tanah Datar melalui Pemerintah Daerah khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sehingga bisa mewadahi pendidikan anak usia dini,” ujar Ny.Lise Eka Putra selaku Bunda PAUD Kabupaten Tanah Datar ini.

Diakui Ny Lise Eka Putra, lembaga PAUD masih menghadapi banyak kendala. Hal itu ia temukan saat berkunjung langsung ke lembaga-lembaga yang membentuk karakter anak usia dini ini.

Ny.Lise Eka Putra juga berharap agar para guru PAUD dapat menanamkan akhlak yang baik kepada anak-anak, karena selain perhatian dan didikan orang tua akan ditanamkan dalam jiwa mereka dan menjadi jaminan bagi tumbuh kembangnya kelak, sedangkan perhatian dan didikan tersebut dari orang tua yang juga sangat menentukan karakter mereka.

Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Elizar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, mengatakan bahwa PAUD adalah tingkat pendidikan dasar untuk menyiapkan anak-anak mengenyam pendidikan, yang merupakan salah satu upaya mencerdaskan bangsa.

Elizar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat mementingkan dunia pendidikan, di Tanah Datar tidak ada tambang atau industri, sehingga gencar mengembangkan sumber daya manusia.
Hal tersebut tertuang dalam misi ketiga RPJMD, yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing, yang dapat dicapai melalui pendidikan karakter dan mutu.

Sebelumnya, Gusti Indri Yeni, Ketua Himpaudi Tanah Datar mengatakan Gebyar Pendidik PAUD dengan tema “melalui lomba
Pendidik PAUD, kita tingkatkan kreativitas dan potensi pendidik”ini dilakukan secara swadaya.

Menurut Yeni, akan ada lomba parade devile dari masing-masing kecamatan, lomba salawat badar, lomba senam putri pelangi, lomba batik eko print dengan teknik paunding, lomba cerita tradisional Minang Kabau dan lomba fashion show baju kuruang basiba. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *