Tanah Datar

Raker TP PKK, Bupati Eka Putra : Beri Saya Terobosan

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar mengadakan Rapat Kerja (Raker) guna evaluasi program kerja masing-masing Kelompok Kerja (Pokja), mengingat TP PKK sebagai organisasi sosial dan mitra Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan, berperan penting dalam kesejahteraan sosial dan pencegahan stunting.

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dari tingkat pusat hingga lapisan paling terendah di daerah, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM meminta TP PKK untuk menerobos dan berinovasi dalam penyampaian layanan seperti mengedukasi masyarakat tentang 10 program Pokok PKK.

“Sebagai Bupati Tanah Datar, saya sangat berterima kasih atas berbagai program dan kegiatan TP PKK,sangat membantu program pemerintah seperti pengentasan kemiskinan, penurunan angka stunting, keagamaan, pendidikan, kesehatan dan banyak lagi, dari itu saya minta TP PKK punya terobosan dan inovasi sehingga tidak monoton, seperti itu-itu saja,” katanya.

Hal itu disampaikan Bupati Ikaputra saat menghadiri dan memberikan arahan dalam rapat kerja TP PKK di Aston Jambi Hotel dan Convention Center, Minggu (18/12/2022) malam.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan rasa bangganya dan mengucapkan terima kasih kepada TP PKK yang telah menjadi juara umum Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada jambore kader beprestasi Tahun 2022 yang tidak hanya mengharumkan nama daerah tetapi juga memberikan dampak bagi UMKM Sulaman Kapalo Samek Tanah Datar yang dijadikan baju kembaran TP PKK se-Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk tahun 2023 mendatang, saya minta TP PKK untuk menyelesaikan semua rencana, Pokja I, II, III dan IV, lahirkan terobosan kalau pemerintah itu inovasi, Pertahankan apa yang sudah dicapai dan yang masih kurang mari k perbaiki dan selalu jaga kekompakan serta bangun sinergi yang baik sehingga setiap pokja itu menjadi juara,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungannya yang terus menerus, sehingga TP PKK dapat mengambil tindakan untuk masyarakat, meski dengan segala keterbatasan, namun mampu melakukannya dan mengharumkan nama daerah dengan menjadi juara umum di Provinsi Sumatera Barat.

“Apa yang sudah kita lakukan selama ini, kalau kita tidak serius pasti tidak akan membuahkan hasil. Saya tahu betapa kerasnya pengurus dan kader di semua tingkatan sudah bekerja keras untuk menyelesaikannya dengan itikad baik tapi belum selesai,karena ke depan akan semakin banyak lagi tantangan yang di hadapi,” ujarnya.

Ny.Lise Eka Putra menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan TP PKK selama ini akan terus dievaluasi karena apapun yang dilakukan tentunya ada celah yang harus terus diperbaiki agar lebih baik kedepannya.

Dari raker itu,Ny.Lise Eka Putra juga menyusun semua program kerja dari masing-masing pokja karena harus jelas yaitu prioritas, tujuan, target pencapaian dan juga konsep Dasawisma yang harus jelas.

Untuk sekretariat TP PKK Ny. Lise minta lebih diperkuat pembinaannya ke bawah karena ini masih perlu peningkatan dari tahun sebelumnya, kepada masing-masing Pokja Ny. Lise minta harus sudah punya target dan bersinergi dengan berbagai elemen seperti OPD dan Bundo Kanduang yang saat ini juga sudah turun ke sekolah-sekolah.

“Saat ini Bundo Kanduang turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pembinaan kepada generasi penerus seperti Sumbang Duo Baleh, yang juga bisa disinergikan dengan peran luar biasa TP PKK serta dasawisma. Oleh karena itu, semangat ini harus hidup di semua jajaran pengurus. dan kader di semua tingkatan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sekretaris TP PKK Tanah Datar Rosnidel mengatakan, setiap nagari telah membentuk kelompok dasawisma dan ada pembagian yang utuh bagaimana mengoptimalkannya untuk pembinaan ke depannya.

Rosnidel juga menginginkan masing-masing pokja dan pengurus menyerahkan semua laporan harus sudah masuk per Desember ini,termasuk laporan dari setiap tingkatan kepengurusan. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *