Pessel

Normalisasi Tahap Satu Batang Tapan Selesai, Wabup Pessel, Terima Kasih Athari, Semoga Tahap Dua Bisa Dilanjutkan.”

Painan, PilarbangsaNews. Com,– Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Haryansyah mengucapkan terimakasih kepada Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi dalam memperjuangkan atas terealisasinya normalisasi Batang Tapan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Menurut Rudi, atas terealisasinya normalisasi Batang Tapan itu berkat upaya Athari Gauthi Ardi dalam rapat-rapat dengan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI hingga anggaran tersebut dapat terealisasikan.

“Normalisasi Batang Tapan ini tentu mamfaatnya sangat luar biasa bagi masyarakat. Dimana biasanya bila hujan datang meskipun hanya itu se saat saja, maka terjadilah banjir. Namun setelah dilakukan normalisasi, sekarang sudah tidak lagi terjadinya banjir dan banjir Tapan ini luar biasa, asal hujan sedikit saja langsung banjir,” kata Wabup Rudi Haryansyah, seperti yang dilansir media online Investigasionline.press edisi Selasa (24/1/2023).

Dikatakannya, normalisasi Batang Tapan, pernah diusulkannya pada tahun 2021, pada saat pengusulan waktu itu, diakuinya memang anggaran tidak ada, namun setelah diusulkan kepada buk Athari dan Alhamdulillah dapat dianggarkan pada tahun 2022 untuk meminimalkan banjir yang kerap terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Tapan.

“Normalisasi Batang Tapan ini sudah di realisasi oleh Kementerian PUPR melalui anggaran APBN kurang lebih 32 Milyar dan semua ini berkat hasil upaya dari buk Athari Gauthi Ardi atas usulan dan komunikasi yang intens saya dengan beliau sejak awal tahun lalu. Dimana Komisi V DPR RI merupakan mitra kerja dengan Kementerian PUPR sebagai Kementerian teknis untuk realisasi Normalisasi Batang Tapan ini,” bebernya.

Lanjut Wabup, bila anggaran sebesar 32 Milyar ini tentunya tidak dapat dilaksanakan jika mengandalkan APBD Pesisir Selatan ataupun APBD Provinsi Sumbar.

“Karena anggaran cukup besar ini, sehingga Athari berjuang penuh untuk mengupayakan agar terealisasinya Normalisasi Batang Tapan dengan APBN. Dan Alhamdulillah terealisasi,” sambungnya.

“Atas keberhasilan tahap pertama ini, selaku Wakil Bupati Pesisir Selatan mewakil Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang juga Putra asli Tapan itu mengucapkan terimakasih kepada buk Athari dalam memperjuangkan ini melalui Komisi V kepada Kementerian PUPR RI hingga anggaran ini terealisasikan,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Rudi Haryansyah, berharap kembali kepada Athari Gauthi Ardi untuk terus memperjuangkannya di Komisi V DPR RI untuk tahap kedua dan berikutnya terhadap Batang Tapan ini.

“Kini setelah normalisasi ini, tidak hanya memfaatnya untuk meminimalkan banjir yang kerap terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Tapan, kini lokasi ini juga sudah menjadi objek wisata,” terangnya lagi. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *