Payakumbuh

Dihadiri Pj Wali Kota Rida Ananda, 25 Orang PPK Se Kota Payakumbuh Dilantik dan Diambil Sumpahnya

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Sebanyak 25 orang PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se Kota Payakumbuh dilantik dan diambil sumpahnya, Rabu (4/1/2023) pagi di Aula Hotel Mangkuto, Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut, seusai pelantikan dan pengambil sumpah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Heidi Mursal berpesan kepada 25 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hasil seleksi terbuka yang telah dilantik untuk segera bekerja sebagai penyelenggara Pemilu ditingkat kecamatan. Sebab tugas yang akan dilaksanakan dalam Pemilu serentak tahun 2024 sangat berat. Apalagi dari puluhan PPK yang telah dilantik dan diambil sumpaj ada yang sama belum pernah sebagai penyelenggara Pemilu, sebutnya.

“25 PPK yang telah dilantik dan diambil sumpah tadi segera bekerja sebagai penyelenggara Pemilu ditingkat Kecamatan, tugas anda sangat berat, apalagi ada yang belum pernah sama sekali menjadi penyelenggara,” pesan Heidi Mursal.

Ia juga mengucapkan selamat kepada puluhan PPK yang menjadi penyelenggara Pemilu ditingkat Kecamatan. Nantinya masa kerja PPK tersebut selama 15 bulan, dan akan kembali dievaluasi apakah bisa dilanjutkan (di SK kan.red) untuk Pilpres atau tidak, ujarnya.

PPK se-Kota Payakumbuh yang telah dilantik diminta untuk menerapkan azas sebagai penyelenggara yang jujur, adil dan terbuka serta memahami aturan, termasuk banyak belajar dan membaca aturan tentang Pemilu.

“Rajin belajar dan membaca aturan/regulasi seusia tugas PPK, bangun kerjasama dengan Pemerintah, diskusi dengan kecamatan, sebab seminggu kedepan akan di SK kan Sekretariat PPK. Mari satukan niat dalam bekerja,” pungkas Heidi Mursal.

Sebelum melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah, Ketua KPU Payakumbuh, Heidi Mursal meminta kesediaan calon PPK untuk dilantik sebagai PPK. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, satu orang perwakilan PPK membacakan Pakta Integritas sebagai PPK di Kota Payakumbuh dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua KPU, Perwakilan PPK dan rohaniawan.

Ke 25 orang PPK yang telah dilantik dan diambil sumpah itu sesuai dengan SK Plh. Ketua KPU Payakumbuh Nomor : 200 tahun 2022 yang ditandatangani Noval Ardi.

Sementara Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda yang hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah itu berharap masa kerja puluhan PPK tersebut bisa diperpanjang hingga Pilpres nanti, namun hal itu tentu brgantung kepada kinerja PPK itu sendiri.

“Kami sambut baik dengan telah dilantiknya puluhan PPK ini, walaupun 15 bulan nasa tymugasnya nantinya bisa diperpanjang, kuncinya diri kita sendiri,” kata Rida.

Mantan Sekda Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, semoga tidak ada titipan dan PPK yang telah dilantik jadi yang terbaik dan bisa bekerja secara profesional dan pahami tugas pokok sebagai PPK.

“Semoga tidak ada titipan, dan bekerjalah secara profesional, pastikan hak pilih masyarakat dan persentase pemilih dalam PEMILU serentak 2024 nanti bisa meningkat,” kata Rida mengakhiri.

Selain Pj Walikota Payakumbuh, pelantikan PPK itu juga dihadiri empat Komisioner KPU lainnya, Sekretaris KPU, Ketua Bawaslu Payakumbuh, Suci Wildanis, Kapolres Payakumbuh, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Kemenag dan sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemko Payakumbuh. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *