Pendidikan

DWP MAN 2 Padang Gelar Diskusi Pola Asuh Orang Tua Untuk Generasi Gen-Z

Padang, PilarbangsaNews

Dharma Wanita Persatuan (DWP) MAN 2 Kota Padang menggelar diskusi publik tentang bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak generasi gen-Z di Aula Abu Bakar Shiddiq kampus madrasah, Jum’at (17/02/2023).

Diskusi yang mengangkat tema “Pola Asuh Orang Tua Untuk Generasi Gen-Z” ini diikuti puluhan anggota DWP MAN 2 Padang dengan menghadirkan narasumber Indah Sukmamati ,M Pd Kons, dosen Universitas Negeri Padang (UNP).

Ketua DWP, Ny Yarlis Mairoza Ardhi dalam sambutannya mengatakan bahwa ilmu dan tekhnologi semakin berkembang pesat. Perkembangan ilmu dan teknologi itu sendiri sangat berpengaruh terhadap pola asuh anak generasi gen Z (lahir tahun 1998 sampai 2010).

“Anak yang lahir pada masa itu, cenderung larut dengan HP dalam kesehariannya, disisi lain orang tua juga disibukkan dengan pekerjaan mencari nafkah diluar. Ini lah yang akan kita diskusikan bagaimana pola asuh terhadap anak tersebut,” katanya.

Indah Sukmamati dalam paparannya mengatakan bahwa ciri khas gen Z adalah lebih banyak berkomunikasi serta beraktifitas menggunakan media sosial dan sangat cepat beradaptasi dengan tekhnogi.

“Mereka lebih memilih handphone dari TV bagi mereka no gadget no life, melek tekhnologi tapi kurang suka baca buku konvensional, lebih suka serba cepat dan instan,” ujarnya.

Lebih lanjut Indah Sukmawati menuturkan, orang tua jangan sampai salah dalam menerapkan pola asuh terhadap generasi ini, apalagi ditambah dengan sikap tak peduli orang tua terhadap kebutuhan psikis anak, yakni berupa kasih sayang, rasa nyaman, dan saling memiliki.

“Lakukan positive parenting, jadilah role mode bagi anak, kenali perkembangan mereka, luangkan waktu bersama, fokus pada tingkah laku, berikan konsekwensi logis, ciptakan komunikasi, berikan cinta tanpa syarat, berikan aturan, wawasan mana yang pantas dan tidak,” pungkasnya. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *