.

Gempa Susulan M6,4 Kembali Guncang Turki Senin Malam

Hassa, Turki PilarbangsaNews.com

Gempa bumi susulan dengan kekuatan M6,4 kembali mengguncang Turki, sekitar pukul 19:25 Senin malam (20/2/2023).

“Laporan sementara jumlah korban yang meninggal dunia 3 orang, terdapat 249 luka akibat gempa semalam, ” demikian kontributor dan Kolumnis media PilarbangsaNews.com dr Budhi Mulyadi yang kini sedang menjadi relawan membantu korban disana melaporkan ke redaksi Pilarbangsanews.com lewat aplikasi Whatsapp pukul 11:15 Wib, Rabu (21/2/2023).

Guncangan gempa terasa sangat kuat di Distrik Hassa, Provinsi Hatay. Warga Hassa baru beberapa hari ini menempati rumah. Saat terjadi gempa susulan semalam, warga berhamburan berlarian keluar rumah menyelamat diri.

Menurut dr Budhi, warga yang masih trauma akibat gempa dahsyat yang tejadi 6 Februari lalu, semalam nampak tetakutan dan berlarian menyelamat diri. Ada yang lari mendatangi loaksi tenda RS lapangan Indonesia.

Pemerintah setempat membagikan tenda untuk didirikan didepan rumah mereka. Pada malam hari mereka tidur ditenda-tenda itu.

Video Suasana di RSLI Selasa pagi (21/2/2023)

Bagi penduduk yang rumahnya masih utuh sudah mulai menempatinya kembali. Tapi karena terjadi gempa susulan semalam mereka terpaksa kembali menempati tenda tersebut yang disain utk kondisi musim dingin. Ada penghangat ruangan seperti tungku api dalam kaleng besi dan ada cerobong asap keluar tenda.Bahan bakar dari kayu.

6000 x Gempa Susulan

Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) mencatat lebih dari 6.000 gempa susulan terjadi setelah dua gempa bumi besar mengguncang negara itu pada 6 Februari 2023.

Direktur Umum untuk Gempa Bumi dan Pengurangan Risiko AFAD Orhan Tatar sebagai mana yang dilansir Antara menyebut jumlah gempa susulan yang ditimbulkan oleh kedua gempa tersebut mencapai 6.040, di antaranya 1.628 gempa susulan dalam magnitudo 3 sampai 4, 436 gempa bermagnitudo 4 sampai 5, dan 40 gempa susulan bermagnitudo 5 sampai 6. Ada juga satu gempa susulan bermagnitudo 6,6.

AFAD memperingatkan gempa susulan setelah gempa dahsyat melanda selatan Turki juga akan terus terjadi.

“Terutama setelah gempa sebesar ini, gempa susulan akan berlanjut untuk jangka waktu lebih lama. Beberapa gempa susulan ini mungkin berkekuatan 5 ke atas,” kata Tatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *