Tanah Datar

Tujuh Tahun Menanti, Jembatan Tapian Kelambu Akhirnya Diresmikan oleh Bupati Eka Putra

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Setelah tujuh tahun menunggu, Jembatan Tapian Kelambu Jorong Beringin Sakti Nagari Taluak Kecamatan Lintau Buo diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (22/2/2023).

Wali Nagari Taluak Pendi Aswil mewakili masyarakatnya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya Bupati Tanah Datar yang telah mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan Tapian Kelambu.

“Alhamdulillah setelah tujuh tahun menunggu, jembatan yang menghubungkan Nagari Taluak ke Nagari Tigo Jangko yang rusak karena dibawa arus tahun 2015 lalu kini berdiri megah dan digunakan oleh masyarakat.Terima kasih pak Bupati,” sampainya.

Pendi mengungkapkan, jembatan yang dibangun dan diresmikan hari itu sangat penting bagi masyarakat Taluak karena memudahkan masyarakat untuk mengangkut hasil perkebunan dan pertaniannya.

“Di seberang banyak perkebunan dan peternakan milik masyarakat Taluak, sejak jembatan putus, masyarakat terpaksa mengangkut hasil pertanian dan kebun melalui Jembatan Koto Panjang yang sangat memberatkan masyarakat karena biaya transportasi semakin tinggi dan semakin tinggi. Alhamdulillah akhirnya jembatan selesai dan masyarakat kami sangat senang dan bersyukur. Tapi tentunya juga ingin bantuan untuk perbaikan jalan menuju ke sini karena masih banyak jalan yang rusak,” harap Pendi.

Pada saat yang sama, Bupati Eka Putra juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkan dan merawat jembatan tersebut agar dapat dipelihara dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Seperti yang disampaikan pak Wali, dulu masyarakat harus memutar jalan untuk mengangkut hasil panen. Tentu saja itu menjadi beban yang sangat berat dari segi tenaga dan biaya. Terlihat pentingnya jembatan pengangkut hasil panen dan juga agar lahan pertanian perkebunan masyarakat di seberang Tidak terbengkalai.karena itulah dianggarkan membangun jembatan ini. Saya pesan kepada masyarakat untuk merawat, memelihara dan memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya,” kata Eka.

Bupati Eka mengungkapkan, jembatan Tapian Kelambu memiliki panjang 68 meter dan lebar 2,4 meter dibangun melalui APBD tahun 2022 dengan biaya kurang lebih Rp2,9 miliar.

“Jembatan di sini dulunya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat,sekarang sudah bisa, tapi berat maksimalnya hanya 1,5 ton. Untuk memaksimalkan penggunaan jembatan secara rasional dan optimal, jalan menuju lokasi ini juga telah dianggarkan untuk diperbaiki,namun tentunya secara bertahap,” lanjut Eka.

Kemudian, Bupati Eka Putra berharap masyarakat Nagari Taluak khususnya dan masyarakat Tanah Datar tetap mendukung berbagai program pembangunan yang sedang dilaksanakan karena semuanya untuk kepentingan masyarakat Tanah Datar.

“Tanpa dukungan masyarakat Tanah Datar, tentu berbagai program pembangunan tidak bisa berjalan dengan lancar, makanya mohon dukungannya agar semuanya berjalan baik. Dan, khusus untuk jembatan ini, tidak bosan Saya himbau untuk terus menjaganya dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir anggota DPRD Wendri Aswil, Kabid Dinas PU dan Kabid di Bapeda dan Litbang,Camat Lintau Buo Afrizal bersama Forkopimca Lintau Buo, Wali Nagari dan Wali Jorong se Nagari Taluak, BPRN dan KAN, Pendamping Desa dan undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *