Tanah Datar

Bupati Eka Putra: Menyambut Ramadhan Mari Kita Perkuat Sinergi Pemkab dan Kemenag

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Menjelang Ramadan, Kepala Urusan Agama (KUA) yang tergabung dalam Asosiasi Penyuluh Republik Indonesia (APRI) yang tergabung dalam Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Tanah Datar melakukan silaturahmi bersama Bupati Eka Putra, di Gedung Indojolito Batusangkar, Selasa (7/3/2023).

Turut mendampingi Bupati Armenyudi Kepala Dinas Catatan Sipil, Kepala Dinas Sosial Afrizon, Kabag Kesejahteraan dan Kasi Pais dari Kankemenag Tanah Datar, dihadiri Kepala KUA dan 21 orang penyuluh.

Ketua APRI Tanah Datar Syafrizal Malin mengatakan, pertemuan dilakukan dengan Bupati Tanah Datar dalam rangka silaturahmi menyambut bulan suci Ramadhan. “Terima kasih kepada bupati atas kesediaannya mengadakan pertemuan dengan KUA dan penyuluh se Tanah Datar untuk membahas program yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan,” ujarnya.

Syafrizal mengatakan, sesuai Edaran Gubernur Sumatera Barat dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan program PBM pesantren yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB, kegiatan tadarus dimulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB, dan dilanjutkan pembelajaran pukul 09.00 WIB hingga 11. 00 WIB, dilanjutkan sholat berjamaah di mesjid terdekat dengan pondok pesantren hingga pukul 13.00 WIB.

Selama Ramadhan, lanjutnya, juga akan ada kampanye halal yang mewajibkan produk pangan UMKM berlabel halal, serta kegiatan rutin gebyar tadarus yang akan diakhiri dengan semarak takbiran.

Selain itu, ia juga mengungkapkan beberapa permasalahan terkait pernikahan, seperti masih banyaknya pernikahan sirih atau yang tidak tercatat.

Sementara itu, Bupati Eka Putra sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemenag Tanah Datar melalui penyuluh yang aktif bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Terima kasih kepada jajaran Kankemenag Tanah Datar khususnya para penyuluh yang bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program menyambut bulan Ramadhan,” ujarnya.

Eka Putra berharap di bulan Ramadhan ini harus memerangi kenakalan remaja. Karena itu, ia berharap Kankemenag dan Pemkab saling bersinergi untuk menguatkan generasi muda dan mencegah kegiatan negatif tersebut.

“Mari kita persiapkan generasi intelektual dan generasi tangguh untuk taat kepada Allah dengan mencetak dari awal, mulai dari tingkat SMP dan SMA sederajat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga mengajak generasi muda untuk selalu mensosialisasikan bahaya pergaulan bebas kepada anak-anak muda, termasuk bahaya menggunakan media sosial dan melihat situs negatif melalui handphone. “Ayo kita bersama-sama menyelamatkan generasi kita ini dari bahaya laten baik itu narkoba, seks bebas, LGBT dan banyak lagi, untuk mari bersama-sama kita tingkatkan sinergi untuk hal yang tidak kita inginkan,” ajak Bupati.

Diakhir arahannya bupati juga sampaikan Pemerintah Daerah juga terbuka untuk menerima informasi, saran dan masukan dari jajaran Kankemenag dalam menghadapi persoalan yang terjadi di Tanah Datar dan juga ikut mendukung beberapa program daerah salah satunya “satu rumah satu hafizh”. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *