.

Pimpin TSR Khusus ke Masjid Nurul Yakin, Wabup Richi Aprian Ingatkan Penurunan Stunting

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Meningkatkan ketahanan pangan dengan mengajak masyarakat menanam berbagai jenis tanaman di pekarangan sekitar rumah yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok sekaligus sebagai upaya menurunkan angka stunting di Tanah Datar.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian saat memimpin Tim Safari Ramadhan di masjid Nurul Yakin Simpang Gobah, Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, Kamis (6/4/2023) malam.

Dikatakannya, Tanah Datar sebagai salah satu lumbung pangan di Sumatera Barat masih banyak memiliki anak-anak yang mengalami stunting, sehingga hal ini tidak hanya membutuhkan perhatian khusus pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat.

“Kasus stunting terjadi tidak disebabkan oleh faktor ekonomi keluarganya,namun kebanyakan disebabkan karena pola asuh yang salah dari orang tua mereka. Oleh karena itu, kita perlu tanggap secara sadar untuk mengurangi sehingga kasus stunting bisa diturunkan di Luhak Nan Tuo ini. Stunting bukanlah aib keluarga, stunting bisa disembuhkan apabila kita sebagai orang tua secara rutin membawa anak balitanya ke posyandu terdekat atau Puskesmas,” kata Wabup Richi.

Untuk itu, Wabup Richi mengimbau kepada para orang tua dan masyarakat untuk melaporkan dan membawa anak-anak balita yang mengalami pertumbuhan tidak normal ke pusat pelayanan kesehatan terdekat atau posyandu agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

“Yang perlu kita lakukan sekarang adalah kita saling mengingatkan dan mewaspadai lingkungan sekitar kita. Semoga melalui upaya ini kita dapat menekan angka stunting di Tanah Datar,” harapnya.

Selain itu, Wabup Richi juga menyampaikan tentang maraknya kenakalan dan pergaulan bebas remaja saat ini termasuk di kabupaten Tanah Datar.

Seperti halnya terjadi beberapa waktu lalu di Rumah Sakit Batusangkar, ada kasus ibu hamil berusia 14-18 tahun atau masih usia pelajar, sehingga harus mendapat pendampingan intensif dari pihak medis di rumah sakit.

Menurut Wabup, hal ini terjadi tentunya karena salah satu alasan orang tua dan masyarakat enggan menegur remaja ketika melihat mereka bergaul diluar batas kewajarannya.

“Oleh karena itu, saya sebagai pimpinan daerah menghimbau kepada para orang tua dan tokoh masyarakat, mari mulai sekarang kita saling mengingatkan anak kita,kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga anak kemenakan kita.Mari kita jaga anak kemenakan kita agar mereka terhindar dari berbagai kegiatan yang menghancurkan masa depan mereka kelak,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal menyampaikan terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan khusus Pemda Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datang ke Masjid Nurul Yakin.

Dia berharap kunjungan Wabup ke Masjid Nurul Yakin akan membawa angin segar khususnya untuk kelanjutan pembangunan masjid.

Syafril Jamal juga mengatakan selama bulan Ramadan tahun ini berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus dan MTQ dilakukan di seluruh masjid dan mushala yang ada di Nagari Padang Magek.

Di akhir rangkaian kegiatan Safari Ramadhan, juga diberikan bantuan kepada anak yatim dari masjid yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *