.

One Way Sicincin – Bukittinggi Solusi Jitu Atasi Macet Lebaran di Sumbar

Oleh Muhammad Zuhrizul (Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Travel Agent Sumbar)

Jalan Sicincin-Malalak adalah jalan yang nyaman bagi kendaraan saat ini. Batu-batu besar sudah dipecah dan disingkirkan. Struktur tanah sudah mulai stabil, terbukti beberapa kali hujan besar akses jalan Sicincin-Malalak tetap dibuka. Nah, isu-isu horor pengendara untuk melewati Malalak inilah yang perlu dibantah dan disosialisasikan lebih luas kepada pengendara, baik wisatawan maupun perantau nantinya.

Kita berharap penerapan sistem One Way Sicincin-Bukittinggi ini tidak hanya diterapkan saat libur lebaran tapi juga setiap hari Sabtu- Minggu – Senin. Hari Senin sudah menjadi momok dari setiap pengendara bahwa macet di Koto Baru benar-benar menyiksa sekali di hari tersebut bagi pengguna jalan.

Namun untuk lebih efektifnya program One Way ini Pemprov harus kerjasama dengan Pemkab, dimana harus dipasang rambu-rambu/informasi dan juga untuk mengaktifkan pula jalur-jalur alternatif jalan kabupaten.

Kedepan kita berharap pemerintah sudah harus membangun akses jalan Asam Pulau-Malalo sebagai jalan utama antar kabupaten bagi pengendara menuju Tanah Datar dan Padang Panjang, agar macet yang kerap terjadi di Lembah Anai bisa teratasi secara permanen, disamping akses jalan yang dibangun tentu akan mendorong tumbuhnya daya tarik baru dan investasi baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

*) Wacana ini dibicarakan saat penulis terlibat dalam pembahasan dengan Dinas Perhubungan dan Gubernur Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *