Tanah Datar

Tanah Datar Kabupaten Pertama di Sumatera Barat Pertahankan WTP 11 Kali Berturut-turut

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kesebelas kalinya secara berturut-turut dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKDP) Tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), Jumat,(14/4/2023) di Padang.

Laporan WTP tersebut diterima Bupati Eka Putra bersama H. Roni Mulyadi Dt. Bungsu Ketua DPRD, yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan Sumatera Barat Arif Agus.

Pada penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2022 yang pertama diserahkan oleh BPK Sumbar turut dihadiri Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kepala BKD Darfizal, Inspektur Daerah Desi Rima dan pimpinan OPD lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar diwakili Kepala Subauditorat Sumbar II Ali Thoyibi mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian selama sebelas kali berturut-turut.

“Diperolehnya opini WTP LHP Tahun Anggaran 2022 ini merupakan momentum terbaik bagi Pemkab Tanah Datar. Opini ini menjadi kebanggaan bersama, tidak hanya bagi pemerintah daerah tetapi juga bagi kami BPK RI yang visinya Menjadi motor penggerak pembangunan pengelolaan keuangan negara melalui audit yang berkualitas dan bermanfaat,” katanya.

Ali juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melaksanakan dan melaksanakan fase internal, mencapai 82,6 persen dari target BPK sebesar 85 persen.

“Tentunya pengelolaan keuangan yang baik tidak terlepas dari capaian pemda dalam sistem pertambangan internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

Eka Putra Bupati Tanah Datar mengatakan prestasi tersebut merupakan kado terindah di bulan ramadan. “Alhamdulillah,Pemkab Tanah Datar yang pertama di Sumatera Barat yang mendapatkan WTP murni, ini merupakan kado terindah bagi pemerintah dan masyarakat Tanah Datar di bulan Ramadan, semoga capaian ini menjadi motivasi bagi seluruh pemerintah di semua tingkatan untuk meningkatkan kinerjanya,” kata Bupati Eka Putra.

Dikatakannya,Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah pertama di Sumatera Barat yang menerima WTP Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2022 dari BPK RI.

“Penghargaan ini spesial karena Tanah Datar juga menjadi kabupaten pertama di Sumbar yang berhasil meraih WTP sebanyak 11 kali berturut-turut,” ujar Eka Putra.

Atas prestasi tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tim atas usaha dan kerja kerasnya.

“Terima kasih kepada seluruh OPD dan tim, baik di legislatif maupun eksekutif yang anggarannya disediakan undang-undang, kami berharap jika bisa ditingkatkan lagi, penghargaan ini harus dipertahankan. Kita Tanah Datar sudah meraih WTP 11 kali berturut-turut,” kata Eka Putra.

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt.Bungsu mengucapkan terima kasih kepada BPK dan pemerintah daerah atas kerja maksimal dalam mewujudkan WTP kesebelas kalinya.

“Alhamdulillah opini WTP ini menjadikan Tanah Datar juara untuk yang ke dua belas 12 kalinya, terima kasih kepada BPK atas hasil pemeriksaan dan menjadi parameter positif terhadap pengelolaan keuangan kabupaten dan secara baik bisa meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” sampainya.

Di kesempatan itu Bupati Dharmasraya Sultan Riska mewakili Kepala daerah, menyampaikan apresiasi karena seyogyanya Tanah Datar pertama menerima LHP tapi untuk kebersamaan pemerintah Tanah Datar bersedia untuk bersama 3 kabupaten kota lainnya yakni kabupaten Dharmasraya, Kota Payakumbuh dan kabupaten Solok Selatan.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *