Pessel

Bertahun-tahun Pustu Pasir Laweh Kambang Jadi Rumah Hantu, Kini Sudah Ditunggui Bidan Desa.

Painan, Pikarbangsanews.com–

Bertahun-tahun Puskesmas Pembantu (Pustu) Pasir Laweh Kambang, Pesisir Selatan, Sumbar, tak berpenghuni karena ditinggal oleh bidan desa yang ditugas disana. Sejak tak berpenghuni bangunan itu sudah jadi Rumah Hantu, tapi kini telah ditunggui kembali oleh seorang Bidan Desa.

Postu tersebut salah satu jaringan pelayanan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat disekitarnya. Setiap kampung dan nagari memiliki Pustu di suatu lokasi.

Kampuang Pasie Laweh Nagari Kambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan pustunya sudah bertahun tahun tidak ditempati oleh bidan desanya. Tapi sekarang insyaallah telah ditempati kembali oleh bidan desanya.

Wali Nagarinya Kambang Utara mengatakan Pustu tersebut memang sudah lama tidak ditempati dan bangunannya pun sudah mulai melapuk dan tidak memadai lagi sekarang sudah kita bersihkan dan perbaiki. Alhamduliah hari ini mulai ditempati oleh bidan desanya.Yang diserahkan oleh kepala puskesmas ke pada saya.ujarnya

Keberadaan Pustu itu sangat urgen dan dibutuhkan masyarakat sekitar bila ingin berobat. Penduduk disini cukup padat, hampir ribuan orang. Kalau Postu tidak buka, andaikan ada masyarakat yang sakit sangat susah mencari pertolongan ditangani orang medis. Apalagi jalan kampung pasir Laweh sepanjang 2,5 km sangat buruk, Susah beraktivitas membawa kendaraan, kata pak wali.

Saya berharap kepada dinas terkait di kabupaten bisa menangani permasalahan kami yang dinagari secara serius dan secepatnya. (PB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *