Gaya Hidup

Resep Sehat dan Segar Azis Sahin : Bergerak dan Selalu Berpikir Positif

Lubuk Nyiur, PilarbangsaNews

Sehat di usia lanjut adalah rahmat Allah SWT yang luar biasa. Itulah kini yang dirasakan Azis Sahin (80 tahun) warga Lubuk Nyiur, Nagari IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan.

“Ambo ko harus bargerak tiap hari sekadar mengeluarkan keringat. Pagi-pagi ambo mambersihkan halaman rumah, mencabut rumput atau menata taman,” kata Azis Sahin ketika ditemui di rumahnya, Rabu (7/6/2023).

Kepada Ketua LKAAM Pesisir Selatan Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah yang menemuinya, Azis Sahin mengatakan dirinya sehat karena selalu menyempatkan waktu untuk mengeluarkan keringat.

“Cangkul kecil ini jadi alat yang menemani ambo menata taman, serta merapikan tanaman pagar. Kalau sudah berkeringat, ya, saya istirahat lagi dan bersantai menunggu sholat Zuhur,” kata Azis Sahin menceritakan kesehariannya.

Azis Sahin (tengah) bersama tokoh muda Pessel Arief Imam Ibrahim dan Ketua LKAAM Pessel Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah

Apa lagi rahasianya sehat dan segar, Pak? Tanya Syafrizal Ucok lagi dengan penuh selidik. Azis Sahin menjawab dengan santai, bahwa resep lainnya adalah menjaga hati supaya bersih. Tidak boleh menyimpan sakit hati, tetapi lapang hati saja dengan berpikir baik saja kepada semua orang.

“Awak ko indak buliah buruak sangko doh, basangko baiak sajo kapado urang lain. Bapikia positif sajo awak, Insya Allah sehat awak,” kata Azis Sahin lagi.

Dia mengaku lebih senang hidup di kampung yaitu di Lubuk Nyiur, Nagari IV Koto Mudiek ini. Meskipun anak-anaknya sukses di rantau, salah satunya Ir. Jhon Satri pengusaha properti yang malang melintang di Pekanbaru, Riau. “Awak sanang di kampuang, udara segar dan ibadah pun terjaga setiap sholat lima waktu,” kata Azis Sahin panjang lebar.

Anak-anaknya pun memahami pilihan abaknya untuk menghabiskan hari tua di Lubuk Nyiur, Nagari IV Koto Mudiek, Batang Kapas. “Ambo sering taragak dengan anak-anak. Biasanya Jhon Satri pulang sekali sebulan melihat saya ke kampung. Dia anak yang santun kepada orang tua dan suka menolong orang,” kata Azis Sahin menceritakan anaknya Jhon Satri yang sekarang Ketua Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Provinsi Riau.

Rahasia resep sehat dan segar Azis Sahin yaitu bergerak mengeluarkan sedikit keringat dan berpikiran baik kepada orang lain, dipuji oleh Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah. “Resep sehat dan segar dari Pak Azis Sahin ini sangat baik untuk diterapkan oleh para lanjut usia, sehingga sehat dan bahagia menjalani hari-hari tua,” kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2005-2010.

Jadi, bagi pembaca yang berusia lanjut dan ingin terus sehat dan bahagia, resep Azis Sahin ini layak dicoba. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *