Tanah Datar

Pilwana Serentak Tahun 2023 di Tanah Datar Dilaksanakan Bulan September

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Sebanyak 54 nagari di Kabupaten Tanah Datar akan mengikuti Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) secara serentak pada tanggal 26 September 2023. Terkait hal tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM. menggelar rapat pelaksanaan Pilwana di Aula Kantor Bupati setempat, Jumat (9/6/2023).

Bupati Eka Putra mengatakan, pelaksanaan Pilwana serentak tahun ini merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar. 54 nagari mengikuti Pilwana pertama pada 2017, 21 nagari pada 2021 dan di tahun 2023 sebanyak 54 nagari dari 14 kecamatan di Tanah Datar.

Oleh karena itu, Bupati Eka Putra berharap Pilwana kali ini perlu dipersiapkan matang-matang dengan berkaca pada kegiatan sebelumnya agar berjalan sukses sesuai rencana.

“Melalui forum ini, kami menghimbau kepada semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam Pilwana tahun ini untuk mengetahui segala peraturan pelaksanaannya. Semoga acara ini dapat berjalan sesuai rencana tanpa kendala yang berarti,” ujarnya.

Bupati Eka Putra mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi untuk terus mengupdate setiap kejadian yang terjadi selama pelaksanaan Pilwana serentak.

“Dalam peristiwa ini, mungkin akan terjadi gesekan antar masyarakat. Oleh karena itu, menciptakan kondisi yang kondusif, aman, dan nyaman merupakan tugas bersama, salah satunya adalah meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar apapun yang terjadi di lapangan dapat segera ditindaklanjuti” ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Abdurahman Hadi, S.STP, M.Sc mengatakan ada 187.796 pemilih sementara dari 54 nagari yang akan melaksanakan Pilwana serentak tahun 2023.

“Pilwana tahun ini ada beberapa tahapan sekaligus, yakni tahap persiapan, tahap pencalonan, tahap pemungutan hingga penghitungan suara dan tahapan penetapan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pemda Tanah Datar terus mempersiapkan penyelesaian pelaksanaan Pilwana serentak pada tahun 2023, dimulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN),Pembentukan Panitia Pemilihan Kabupaten KPUD, Pembentukan KPPS dan sebagainya.

“Persiapan pelaksanaan Pilwana serentak ini sedang diselesaikan secara bertahap, ada yang sudah dan akan dilaksanakan dan mudah-mudahan berjalan sukses seperti yang diharapkan,” ujarnya.

Hadir pada saat itu, Forkopimda, Kepala Kejaksaan Negeri Padangpanjang, Kapolres Padangpanjang, para staf ahli, Asisten, kepala OPD lingkup pemerintahan Tanah Datar, Camat dan tamu undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *