.

Inovator Payakumbuh Raih Juara dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2023

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Payakumbuh memborong 2 penghargaan Inovasi Teknologi Tepat Guna melalui acara Sumbar Inovation Awards Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Pangeran beach Kota Padang bersamaan dengan acara Penas Tani XVI 2023 dengan tema “Inovasi dan Teknologi Pertanian berkelanjutan untuk mewujudkan kemandirian pangan menuju indonesia lumbung pangan dunia 2045”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat yang merupakan ajang penjaringan inovator-inovator yang tersebar diseluruh pelosok kabupaten dan kota yang berada wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Acara dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat serta memberikan selamat bagi pemenang lomba inovasi dan terus peka terhadap kemajuan zaman dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Sumbar Inovation Awards Tahun 2023” merupakan strategi penjaringan inovator inivator daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Balitbang Provinsi Sumatera Barat melalui lomba karya inovasi Teknologi Tepat Guna dengan 3 kategori antara lain Kategori Umum, Kategori SMA/SMK/Sederajat dan Kategori Perguruan Tinggi dan Organisasi Perangkat Daerah.

Tahapan penilaian dalam hal ini terdiri dari penilaian proposal, penilaian lapangan dan penilaian presentasi inovasi, selanjutnya dari semua peserta kabupaten /kota di Sumatera Barat.

Kota Payakumbuh masuk sebagai nominasi yang memenuhi hasil seleksi dari tahapan dimaksud dengan hasil penilaian ditetapkan sebagai Juara 1 dikategori SMA/SMK/Sederajat dengan inovasi Smart Farm berbasis IOT inovator SMA IBS Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh dan Juara 1 dikategori Umum dengan inovasi Alat Pencacah Sampah Organik Mobile inovator Novi Warman seorang guru di SMKN 2 Kota Payakumbuh.

Didampingi oleh Elzadaswarman, SKM, MPPM selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan mewakili Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa prestasi yang kita raih ini merupakan suatu kebanggaan bersama atas sinergi antara pemerintah kota dengan masyarakat untuk menciptakan hal-hal baru yang nantinya mampu menjawab permasalahan yang ada didaerah. Kota Payakumbuh kaya dengan inovator inovator hebat dan dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan memunculkan inovator hebat lainnya yang mampu mengharumkan Kota Payakumbuh.

Disisi lain Pj. Walikota juga menyampaikan selamat kepada juara2 yang telah membanggakan Kota Payakumbuh, terus berkarya dengan prinsip inovasi tanpa batas.
Adapun penghargaan dimaksud langsung diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat dan pemberian hadiah dalam bentuk uang untuk pengembangan inovasi yang telah dibuat oleh inovator.

Dengan prestasi ini Yasrizal, S.Sos, M.Si selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah selaku pembina inovasi diKota Payakumbuh merasa puas dengan hasil yang dicapai oleh tim inovasi yang dilaksanakan oleh Bidang Penelitian Pengembangan Evaluasi Bappeda, pada tahun 2023 ini sudah terdapat 3 Penghargaan terkait dengan Karya inovasi teknologi dan Teknologi Tepat Guna. Dan semoga Tahun depan dapat dipertahankan bahkan akan lebih baik.

Selanjutnya ditemui dalam hal ini Sub Koordinator Inovasi dan Teknologi Bappeda Robby Hafanos, M.CIO menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan kompetisi inovasi yang diadakan Provinsi Sumatera Barat merupakan wadah dan media bagi inovator dalam mengapresiasikan karyanya.

Pemerintah Kota Payakumbuh selaku fasilitator melalui tim inovasi daerah dalam hal ini akan selalu siap mendampingi terhadap pengembangan inovasi bagi inovator dengan karya inovasinya.

Sejak tahun 2019 sampai saat ini inovator Kota Payakumbuh selalu memberikan prestasi gemilang dalam mengharumkan nama daerah. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *