Dharmasraya

Kampus III Unand Dharmasraya Dikunjungi Mahasiswa Inbond dari Empat Negara


Dharmasraya, PilarbangsaNews – Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya menerima mahasiswa inbond atau program pertukaran mahasiswa dalam negeri yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di Universitas Andalas. Mahasiswa inbond kali ini datang dari Universitas An Giang dan Universitas Kien Giang.

Dengan rincian Negara Vietnam sebanyak 20 orang, Negara Kamboja sebanyak 12 orang, Negara Madagaskar sebanyak 1 orang dan Timor Leste sebanyak 1 orang. Dan juga mahasiswa dalam negeri yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi antara lain, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Dharmas Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Sakinah Dharmasraya, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Kedatangan mahasiswa Inbond ini disambut langsung oleh Kepala Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya, Edwin, Sekretaris Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan, Wulan Kumala Sari dan seluruh dosen serta staf Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan Kampus III Universitas Andalas. Acara sambutan ini dilaksanakan di Gedung Kampus III Unand Dharmasraya pada hari Sabtu, (24/06/23).

“Kampus III Unand Universitas Andalas menerima mahasiswa Inbond dari luar negeri dan dalam negeri, yang dilangsungkan pada hari ini. Mereka disambut dengan berbagai kegiatan selama berada di Kabupaten Dharmasraya khususnya di Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya,” ungkap Kepala Departemen Budidaya Tanaman Perkebunan Kampus III Unand.

Program mahasiswa Inbond ini dilaksanakan sejak tanggal 5 Juni sampai dengan tanggal 28 Juni 2023. Sedangkan di Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya hanya berlangsung selama dua hari, yakni sejak tanggal 24 sampai 25 Juni mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan di Dharmasraya mengusung konsep pengabdian kepada masyarakat Internasional.

Di hari pertama mahasiswa internasional akan disuguhkan berupa acara outbond, pentas seni yang berasal dari Dharmasraya dan pengenalan wilayah Dharmasraya, terutama di sekitar Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya.

Sedangkan di hari kedua berupa hari puncak pengabdian kepada masyarakat internasional dengan melibatkan mahasiswa internasional yang berlokasi Bantaran Sungai Batanghari, dengan kegiatan berupa penanaman pohon bibit aren dibantaran sungai Batanghari.

“Kegiatan mahasiswa Inbond ini selain melakukan penanaman pohon di Bantaran Batanghari, mereka juga akan membagikan bibit tanaman buah-buahan dan aren kepada petani, kelompok tani dan masyarakat. Bibit yang akan dibagikan oleh mahasiswa Inbond ini lebih kurang 750 bibit,” beber Edwin lagi.

Kata Edwin, tujuan mahasiswa inbond ini adalah agar mahasiswa Kampus III Universitas Andalas Dharmasraya dapat melakukan komunikasi lisan secara aktif dalam ber-Bahasa Inggris sehingga dapat berkolaborasi dan membuka jaringan dengan mahasiswa dari luar negeri. Dengan tujuan agar dapat meningkatkan Unversitas Andalas go internasional.

Sebab, kegiatan Ini merupakan salah satu program World Class University (WCU) Unand sejak tahun 2021 menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Selain itu bertujuan agar Unand bisa Go Internasional atau dikenal oleh Dunia Internasional, bisa meningkatkan peringkat Unand di Internasional, dan meningkatkan eksistensi Unand di dunia Internasional. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *