PARIWARA

Pendidikan Gratis di Kabupaten Pasaman untuk Wujudkan Masyarakat Lebih Baik dan Bermartabat

Pasaman, PilarbangsaNews

Kepemimpinan duet Benny-Sabar sejalan dengan Visi-Misi Pasaman yaitu “mewujudkan Pendidikan gratis dua belas tahun” adalah salah satu kebutuhan dasar untuk maju. Karena itu, pendidikan harus dirancang dan dijalankan dengan baik untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa serta mencapai tujuan yang dicita- citakan, yaitu melahirkan generasi penerus yang cerdas dan berilmu sehat jasmani serta beriman dan berakhlakul karimah, sehingga bisa meneruskan estafet perjuangan bangsa mencapai masyarakat yang adil, makmur, maju, sejahtera dan bisa bersaing dengan masyarakat daerah lain.

Nah, sejalan dengan hal itu Pemerintah Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Benny Utama dan Sabar AS merumuskan visi Terwujudnya Masyarakat Yang Lebih Baik dan Bermartabat.

Implementasi dari visi tersebut ada 10 program yang jadi prioritas yang tercantum pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Bupati Pasaman Benny Utama membeikan bingkisan kepada siswa Sekolah Dasar

Salah satu dari 10 program prioritas tersebut adalah “Pasaman Cerdas” yaitu meningkatkan kualitas guru, sarana prasarana pendidikan serta membebaskan biaya sekolah di mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai ke tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Selain membebaskan biaya sekolah dasar sampai ke tingkat lanjutan tingkat atas, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman juga memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu.

Untuk mengimplementasi Pasaman Cerdas, pihak Dinas Pendidikan terlebih dahulu meningkatkan mutu tenaga pendidik seperti guru penggerak dan sekolah penggerak, hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendikan Sukardi saat ditemui di ruangannya.

Bupati Benny Utama dan guru-guru

Disamping itu meningkatkan mutu tenaga pendidik tentu harus ada komitmen yang dilaksanakan tenaga pendidik diantaranya ada beberapa tugas yang diberikan kepada tenaga pendidik yang harus diselesaikan dan mencapai target sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Yang tidak kalah pentingnya, untuk mencapai Pasaman Cerdas, Dinas Pendidikan Pasaman membentuk program bebas biaya pendidikan mulai dari PAUD masuk SD, dari SD masuk SLTP dan dari SLTP masuk ke jenjang SLTA.

Bupati Benny Utama bersama siswa sekolah

“Adapun program sekolah gratis berguna sehingga anak-anak Pasaman tidak ada lagi yang putus sekolah di tengah jalan, anak-anak Pasaman bisa mengenyam Pendidikan 12 tahun sesuai dengan Visi Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman,” terang Sukardi.

Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun, tidak ada alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang SLTA. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *