.

Hadiri Pengukuhan IKTD Rokan Hulu, Bupati Eka Putra Sampaikan Progul Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Dampak positif dari salah satu Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event telah banyak dirasakan masyarakat di berbagai nagari di Luhak Nan Tuo ini.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri acara pengukuhan pengurus IKTD dan BK IKTD Kabupaten Rokan Hulu periode 2023-2028 di Hotel Sapadia,Pasir Pengaraian Minggu (2/7/2023).

“Melalui acara ini, kami menginformasikan Progul Satu Nagari Satu Event tentang kegiatan yang merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk menghidupkan kembali budaya asli nagari. Tentu banyak manfaatnya,” kata Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan selama pagelaran Satu Nagari, Satu Event di tahun 2023 ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar terus meningkat. Wisatawan pun datang dari berbagai daerah, baik nasional maupun mancanegara.

“Target kami tahun ini 2 juta wisatawan datang ke Tanah Datar. Alhamdulillah jumlah ini terus meningkat dengan digelarnya Satu Nagari Satu Event yang akan berdampak baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengajak perantau yang tergabung dalam organisasi IKTD Kabupaten Rokan Hulu untuk mendukung Progul Satu Nagari Satu Event untuk membangun masyarakat Luhak Nan Tuo yang madani.

“Kita tidak seperti provinsi ini, dibawahnya ada minyak, di atasnya ada sawit, dan diudaranya ada walet.Tapi kita sangat bersyukur ada daerah yang sangat indah, kaya akan sejarah dan budaya, mari kita lestarikan bersama melalui Progul Satu Nagari, Satu Event,” kata Bupati Eka.

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra mengucapkan untuk pengukuhan pengurus IKTD dan BK IKTD Kabupaten Rokan Hulu periode 2023-2028. Dimana akan menjadi tempat untuk menjaga silaturahmi perantau di daerah ini.

“Pengurus IKTD maupun BK IKTD Kabupaten Rokan Hulu yang baru dikukuhkan,tingkatkanlah sinergi antara ranah dan rantau. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru akan semakin mempererat silaturahmi sesama perantau di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IKTD Provinsi Riau H. Nurzahedi mengaku sangat bangga dengan IKTD dan BK IKTD Kabupaten Rokan Hulu yang berdiri sejak tahun 2005 dan masih eksis hingga saat ini.

“Kami sangat bangga dengan organisasi yang tetap eksis sejak tahun 2005 ini.jaga terus kekompakan, silaturahmi dan kekeluargaan. Semoga kedepannya organisasi ini semakin berkembang,” ujarnya.

Selanjutnya H. Nurzahedi menyampaikan bahwa menjadi pengurus sebuah organisasi bukanlah tugas yang mudah. Setiap anggota memiliki tanggung jawab dan harus melakukan yang terbaik untuk memajukannya.

“Kita tahu sebagai pengurus organisasi harus siap direpotkan, tapi kalau dilakukan bersama, semuanya terasa ringan, seperti kata pepatah: sa ciok bak ayam, sa danciang bak basi, ka bukik samo mandaki, ka lurah samo manurun,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Rokan Hulu yang diwakili Asisten Ekobang H. Ibnu Ulia mengatakan pembangunan di kabupatennya tidak lepas dari peran seluruh perantau di Rokan Hulu, termasuk perantau dari Tanah Datar.

“Pemerintah Rokan Hulu menyadari bahwa pembangunan di sini bersinergi dengan perantau dan semoga sinergi ini terus meningkat,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua IKTD Kabupaten Rokan Hulu 2023-2028 Usman menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan perantau di daerah itu.

Ia berharap semua pihak dapat mendukung program-program IKTD Kabupaten Rokan Hulu agar tujuan organisasi dapat terwujud dengan baik.

“Mohon dukungan untuk membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik, semoga kedepannya silaturahmi antar IKTD provinsi Riau, IKTD Rokan Hulu serta organisasi perantau lainnya terbangun sinergi yang baik,” ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanah Datar Elizar, Ketua IKMR Rokan Hulu H. M. Ilip, Plt. Kepala Dinas PMD PPKB Tanah Datar Heru Rahman, Kepala Bagian Prokopim Setda Tanah Datar Dedi Tri Widono, beberapa pejabat di Pemerintahan Daerah Rokan Hulu, Tokoh Masyakarat, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan tamu undangan lainnya.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *