.

Gubernur Mahyeldi Buka Bimtek Kader Posyandu Angkatan IX Tahun 2023

Padang, PilarbangsaNews

Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan di Posyandu dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan kesejahteraan.

Demikian disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi ketika membuka dan jadi nara sumber dalam Bimbingan Teknis Posyandu Angkatan IX Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat danDesa (PMD) di Rocky Plaza Hotel Padang, (5/7/2023).

Menurut Gubernur Mahyeldi, tugas penting kader Posyandu itu meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

Tugas mulia kader Posyandu ini sejalan dengan tema Bimtek yaitu “Dengan Bimtek Posyandu kita perkuat peran Posyandu sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pelayanan sosial dasar sebagai upaya percepatan penurunan stunting untuk mewujudkan masyarakat sehat dan berkualitas”.

Hal ini juga selaras dengan misi 1 Gubernur-Wakil Gubernur 2021-2026 yaitu meningkatnya kualitas sumberdaya manusia yang sehat, berpengetahuan, terampil dan berdaya saing yang dilakukan dengan program Sumbar Sehat dan Sumbar Cerdas guna terwujudnya Sumbar Madani yang unggul dan berkelanjutan.

Harapan Gubernur Mahyeldi, dengan adanya Bimtek ini maka para Kader Posyandu semakin mengerti dan memahami tugas sesuai SOP serta mampu melakukan penyuluhan. Sehingga kegiatan Posyandu tidak hanya seremonial setiap bulan, tetapi benar-benar kegiatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat umumnya dan anak balita pada khususnya.

Peserta Bimtek Posyandu ini berjumlah 114 orang yang berasal dari Kabupaten Sijunjung, teridiri dari 108 Kader Posyandu, 5 Pokja Posyandu dan OPD terkait yang mengelola kegiatan Posyandu. Bimtek berlangsung 5-7 Juli 2023.

Nara sumber yang ditampilkan dalam Bimtek adalah Gubernur Sumbar Mahyeldi, Plh Kadis PMD Sumbar Amriman, S.Pd.MM., Anggota DPRD Sumbar Rico Alviano, ST., Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand dan Motivator. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *