.

Mardi Datuak Talanai Sati Dilewakan, Ini Pesan Ketua KAN Painan

Painan, PilarbangsaNews

Kaum Suku Jambak IV di Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai (Pesisir Selatan) baralek gadang dengan malewakan penghulu, yaitu Mardi, S.Pd dengan gelar adat Datuak Talanai Sati di Painan Selatan, Rabu (12/7/2023).

Prosesi malewakan gala ini diawali dengan penjemputan Ketua KAN dan Ninik Mamak Painan di Kantor KAN, kemudian diarak menuju Rumah Gadang Datuak Talanai Sati dengan irigan musik tradisional talempong. Datuak yang akan dilewakan bersama Bundo Kanduang ikut dalam arak-arakan ini.

Puncak acara pengukuhan dan pengambilan sumpah penghulu Mardi, S.Pd dilakukan di atas Rumah Gadang Datuak Talanai Sati yang dipandu langsung oleh Ketua KAN Painan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah. Kemudian dipasangkan saluak di kepala dan keris di pinggang.

Penyisipan keris di pinggang Mardi Datuak Talanai Sati

“Saya akan menjalankan tugas dan kewajiban seorang penghulu. Jika saya melanggar sumpah penghulu, maka keatas tidak berpucuk, kebawah tidak berurek dan ditangah-tangah digirik kumbang dan saya akan dikutuk Al Qur’an 30 juzz,” kata Mardi Datuak Talanai Sati melafazkan kata-kata Sumpah Penghulu.

Setelah resmi menjadi penghulu, Mardi Datuak Talanai Sati akan menjadi pemimpin dalam kaum Suku Jambak IV serta duduk sama rendah dan tegak sama tinggi dalam KAN Painan.

Ketua KAN Painan Drs Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah dalam nasehatnya kepada Datuak Talanai Sati mengatakan bahwa penghulu adalah ibarat kayu gadang di tangah padang, nan bak urek balimbago ka batang, nan babatang sandi andiko, nan badahan cupak jo gantang, dan badaun rimbun jo adat.

“Panghulu babungo mungkin jo patuik, nan babuah kato nan bana, manyalasaikan silang sangketo, tinggi tampak jauh, dakek jolong basuo, tampek maniru manuladan dek urang di nagari,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, yang juga Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Ketua KAN Painan Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah dan Mardi Datuak Talanai Sati bersama Undangan dan Ninik Mamak

Sebagai seorang penghulu, maka pantangan dalam adat Minangkabau adalah menghindari pekerjaan maksiat atau mungkar dalam pandangan agama dan adat.

“Penghulu harus menghindari perbuatan yang menjatuhkan harkat dan martabat penghulu seperti hilia malonjak, mudiak mangacau, mangusuik nan salasai dan mangaruah nan janiah,” kata Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah, mantan Wabup Pessel 2005-2010 ini memberi nasehat.

Acara Malewakan Gala Mardi, S.Pd Datuak Talanai Sati ini dihadiri Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Forkopimda Pesisir Selatan, Anggota DPRD Sumbar Imral Adenansi, Camat IV Jurai Ferro Yhuanda Putri, SS.TP., Tokoh Masyarakat Saidal Masfiyudin, Sutarto Rangkayo Mulia, Jhony Azhar dan Wali Nagari Painan Selatan. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *