Pendidikan

MAN 2 Padang Sukses Antarkan 95 Persen Siswa Lulusan 2023 Kuliah di PTN

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang adalah satu diantara madrasah unggulan besutan Kementerian agama Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai segudang prestasi akademik maupun non akademik.

Keunggulan MAN 2 Padang dibanding dengan madrasah atau sekolah lainnya di Kota Padang adalah sukses mengantarkan 95 persen peserta didiknya tamatan 2023 diterima pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kepada PilarbangsaNews, Rabu (19/07/2023), Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi menuturkan bahwa 95,43 % atau 397 dari 416 siswa lulusan 2023 melanjutkan kuliah di PTN melalui berbagai jalur penerimaan.

“Jalur SNBP 47 orang, SPANPTKIN 152 orang, jalur undangan lain (SIMAMA PMDP, Poltekes) 31 orang, SNBT/SBMPTN 109 orang, UMPTKIN 15 orang, tes mandiri 43 orang, berjumlah 397 siswa,” ungkapnya.

Ke-397 orang siswa tersebut, kata Akhri Meinhardi diterima diberbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkenal di Indonesia, seperti UGM, UI, UNPAD, ITB, IPB, Undip, Unbraw, UIN Jakarta, Unila, UNAND, UNP, UIN IB Padang dan politeknik negeri lainnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, tidak mudah bagi madrasah untuk mengantarkan siswanya bisa diterima di PTN. Menurutnya, berbagai arahan dan program dilakukan oleh wali kelas, guru BK serta guru mata pelajaran dalam mengayomi siswa masuk PTN.

“Siswa diberi gambaran oleh tim untuk bisa masuk PTN sehingga anak tidak lagi berebut dalam memilih suatu jurusan, mereka masuk berdasarkan potensi dan bakat minat yang dimiliki,” tambah Akhri Meinhardi.

Kepala madrasah mengapresiasi kinerja guru MAN 2 Kota Padang. Capaian itu menunjukan bahwa guru telah sukses mendidik serta membimbing siswa sehingga diterima di PTN.

Dia berharap kepada siswa yang telah diterima di PTN, agar dapat menjaga nama baik madrasah. Dikatakannya, salah satu caranya adalah dengan berprestasi di kampus masing-masing. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *