Pemilu

Perkuat Sinergitas Jelang Pemilu, KPU Sumbar Silaturahmi dengan Polda Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar dalam rangka menyampaikan proses pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sedang berjalan di Sumbar pada Jumat 28 Juli 2023.

Kunjungan KPU Sumbar dipimpin langsung oleh Ketua Surya Efitrimen dan Komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi, Ory Sativa Syakban, Medo Patria, dan Hamdan dan sekretaris KPU Firman.

Kedatangan KPU Sumbar disambut hangat oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, didampingi Kasubdit Satu Intelkam Polda Sumbar AKBP Zulkafde di ruang kerja Kapolda Sumbar.

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, bahwa kunjungan ini dalam rangka membangun silaturahmi dengan keluarga besar Polda Sumbar untuk koordinasi jelang pemilu 2024 mendatang.

“Kunjungan ini merupakan pertemuan pertama kami lengkap berlima serta Sekretaris KPU Sumbar setelah di lantik pada 24 Mei 2023 yang lalu. Tujuannya, jalin silaturahmi dan perkuat sinergitas jelang pemilu 2024,” ujar Surya Efitrimen.

Ia berharap dukungan dari Polda Sumbar sampai ke jajaran Polres di kabupaten dan kota terkait dengan kelancaran dan keamanan penyelenggaraan pemilu serentak, yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

“Kami berharap, dengan adanya dukungan dan kerjasama dari Polda Sumbar dalam pelaksanaan tugas ke depan, khususnya dalam mengawal agenda demokrasi ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Komisioner KPU Sumbar periode 2023-2028, dan juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan KPU Sumbar.

Terkait Pemilu 2024, kata Suharyono, jajaran kepolisian yang dipimpinnya akan memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu.

“Untuk pelaksanaan Pemilu 2024 ini, Polda Sumbar siap membantu pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi limatahunan ini,” ujar Kapolda Sumbar.

Kemudian, membantu dan mendukung setiap tahapan pemilu, serta jika ada potensi konflik atau permasalahan pada saat tahapan Pemilu 2024.

Untuk itu, perlu persiapan terkait proses pengamanan pemilu baik hal-hal yang bersifat administrasi sampai dengan hal yang sifatnya pengamanan fisik di lapangan.

Suharyono menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Pemilu dan pemilihan serentak 2024 di Sumbar.

“Kami akan menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024, dan berkomitmen menjaga Ranah Minang aman dalam proses pelaksanaan pemilu 2024,” ucapnya. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *