Payakumbuh

Disdik dan Padang TV Adakan Lomba Cerdas Qur-an” SD dan SMP se-Kota Payakumbuh

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Untuk meningkatkan kompetensi religius dan pengembangan karakter siswa, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Padang TV mengadakan lomba ” Cerdas Qur-an” bagi peserta didik SD dan SMP negeri dan swasta se-Kota Payakumbuh. Lomba Cerdas Quran merupakan ajang kompetisi bagi penghafal Qur’an atau hafiz di sekolah yang dikemas dalam bentuk cerdas cermat. Kegiatan berlangsung pada tanggal 18-21 Juli 2023 di SKB Payakumbuh. Kegiatan ini diikuti sebanyak 97 tim berasal dari SD dan SMP negeri dan swasta di Kota Payakumbuh terdiri 85 tim dari tingkat SD dan 12 tim dari tingkat SMP. Setiap 1 tim terdiri dari 3 orang peserta didik.

Kegiatan lomba Cerdas Qur’an ini dibuka langsung Walikota Payakumbuh diwaliki Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman, SKM, M. PPM didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr.Dasril,S.Pd,M.Pd.

Elzadaswarman, SKM, M. PPM menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk membumi kan Al Qur’an serta meningkatkan akhlak budi pekerti dan hafalan Al Qur’an bagi siswa di Kota Payakumbuh.

“Kegiatan ini perlu didukung oleh kepala sekolah, guru serta wali murid. Walikota Payakumbuh berharap kepada Dinas Pendidikan agar memotivasi dan mengevaluasi sekolah-sekolah yang tidak ikut berpartisipasi terutama sekolah negeri . Kepada sekolah kami harapkan agar kegiatan ini disiapkan dengan lebih baik di tingkat sekolah sehingga banyak kader-kader memiliki kemampuan tahfizh dan kemampuan cerdas Qur’an baik membaca dengan baik dan memahami isinya,” ucap Om Zet begitu panggilan akrabnya.

Walikota Payakumbuh berharap kerjasama dengan Padang TV agar disiapkan program nya oleh masing-masing sekolah supaya dapat berkelanjutan, sambungnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr.Dasril,S.Pd,M.Pd pada.kesempatan ini mengatakan, kegiatan ini juga bentuk suport dari Pj.Walikota Payakumbuh Drs.Rida Ananda,M.Si.

“Dari Kegiatan ini kita lihat bagaimana pembinaan dan upaya yang dilakukan sekolah dalam mem bumi kan Al Qur’an berjalan baik. Kerjasama dengan padang TV dalam menyelenggarakan acara ini juga berjalan baik. Dukungan dari kepala sekolah, guru dan guru tahfizh kita dapatkan sehingga kader siswa setiap tahunnya bermunculan untuk mengikuti kegiatan,” sebutnya.

“Mari kita teruskan, sempurnakan kekurangan, tingkatkan frekuensi baik dimulai tingkat gugus, tingkat kecamatan sehingga yang lolos ke tingkat kota adalah yang sudah berkompetisi. Kepada siswa. Kami sampaikan, bahwa baik pemenang ataupun bagi siswa yang belum menjadi pemenang tetapi ikut serta saja adalah sebuah prestasi juara yang sesungguhnya karena dari 25.000 orang murid SD dan sekitar 10.000 murid SMP hanya 3 orang persekolah yang mewakili. Harapan kedepan agar semua sekolah dapat ikut berpartisipasi dan ikut serta berkompetisi dalam acara ini. Kepada dewan juri, kami berharap pilihlah yang terbaik karena yang akan terpilih akan siap berkompetisi mewakili Kota Payakumbuh ke tingkat Propinsi Sumatera Barat”, sambung Kadisdik.

Terakhir dikatakan Kadisdik, ini merupakan kesempatan emas mengaktualisasikan diri menunjukkan kebolehan dan membuka ruang untuk mengejar masa depan yang lebih baik. Tetap semangatlah dalam pengembangan diri supaya kemampuan terus dapat meningkat.(wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *