Pendidikan

Pembukaan KSM Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 Digelar di MTsN 3 Pekanbaru 

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Dengan mengangkat tema Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi, Kompetisi Saint Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Riau mulai dilaksanakan pada Jum’at, 04 Agustus 2023 Sore.

Bertempat di halaman Madrasah Tsanawiyah negeri (MTsN) 3 Pekanbaru, kegiatan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Penmad Dr.H.Muliardi,M.Pd serta dihadiri oleh seluruh Kakan Kemenag 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau, seluruh kepala madrasah tingkat Aliyah, Tsanawiyah, serta Ibtidaiyah se Provinsi Riau dan para kontingen yang terdiri dari siswa-siswi madrasah.

Sebelum dimulai pembukaan KSM tingkat Provinsi Riau, para tamu undangan menyaksikan beberapa pertunjukan tampilan aksi dan seni dari pelajar madrasah dan diakhiri dengan parade pawai oleh kontingen KSM disetiap kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Dalam sambutan Kabid Penmad Dr.H.Muliardi,M.Pd mengatakan pelaksanaan KSM tahun 2023 ini sudah sangat kompetitif, mengingat dengan kemajuan perkembangan teknologi saat ini mulai membawa kekhawatiran dengan pengaruh-pengaruh negatif.

Maka menyikapi hal-hal tersebut, menurutnya masyarakat lebih mempercayai madrasah atau sekolah-sekolah agama lainnya sebagai tempat anak-anaknya dalam mencari ilmu pengetahuan yang lebih baik kearah pembinaan akhlak dan moral.

“Untuk itu dengan makin besarnya minat orang tua mengantarkan putra-putrinya di madrasah, tentu ini akan menjadi tantangan bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah kongkrit. Seperti meningkatkan proses pembelajaran dan sarana prasarana di madrasah serta ditunjang dengan tenaga pendidik yang sangat berkualitas,” jelas Muliardi.

Selain hal-hal tersebut, Muliardi menambahkan pentingnya meningkatkan iklim kegiatan di madrasah yang bisa mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.

“Sehingga dengan cara dan upaya ini, madrasah dapat semakin terdepan, menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat serta bermandiri dan berprestasi menggungguli dari sekolah umum lainnya,” ujar Muliardi.

“Maka dengan banyaknya persaingan kompetisi disetiap sekolah-sekolah, maka sangat berharap dan menuntut kepala madrasah untuk bisa berbenah diri serta meningkatkan dan mengembangkan inovasi-inovasi dalam menjalankan program kerjanya,” harapnya.

Terakhir ia katakan, dengan adanya pelaksanaan KSM ini dapat terbangun kembali kompetisi di madrasah dengan mengkolaborasikan antara sains dan nilai-nilai islam diseluruh penjuru aspek.

“Kami berpesan kepada santri yang terpilih untuk bisa mengikuti kompetisi dengan sebaik mungkin dan mampu membawa kemenangan, semoga bisa maju hingga ke tingkat nasional,” tutup Muliardi.

Bicara tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan pembukaan KSM tingkat Provinsi Riau tahun 2023, Kepala MTsN 3 Pekanbaru Sukeimi M.Pd mengatakan sebelumnya warga madrasah yang meliputi guru dan murid melaksanakan gotong royong membersihkan tempat-tempat yang akan digunakan untuk kegiatan.

“Alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses, terimakasih kepada anak-anak dan bapak/ibu guru yang telah berpartisipasi mendukung dengan ikhlas. Kita telah bekerja bersama menyiapkan 12 lokal yang dipakai oleh para kontingen diseluruh Kabupaten/kota se Provinsi Riau,” sebut Sukeimi.

Sukeimi juga mengajak kepada seluruh tenaga pengajar di MTsN 3 Pekanbaru untuk terus memberikan support dan dukungan kepada anak-anak yang menjadi peserta kontingen KSM tingkat Provinsi Riau.

“Dukung dan bantuan terus mereka lakukan dengan meningkatkan seluruh kemampuan dan kapasitas yang dimiliki dalam mencapai kemenangan. Karena ini merupakan suatu ajang akademik yang sangat penting diikuti, demi mengembangkan prestasi anak, sehingga terwujudnya SDM yang unggul dan berkualitas,” ujar Sukeimi.

Ia menambahkan, untuk di MTsN 3 Pekanbaru telah memiliki kontingen KSM yang cukup berprestasi khususnya di mata pelajaran biologi, matematika, dan IPS.

“Dari tiga mata pelajaran tersebut, anak-anak kita pada tahun lalu telah menang tingkat kota hingga Provinsi. Kita mendoakan, semoga KSM tahun ini bisa menjadi juara menuju tingkat nasional,” jelas Sukeimi.

“Saya berpesan kepada seluruh guru, mari kita tingkatkan pendidikan di madrasah ini, sehingga anak-anak kita bisa lebih cerdas dan lebih berprestasi,” tutupnya singkat.

Kegiatan pembukaan KSM tingkat Provinsi Riau tahun 2023 ditandai dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada tiga orang perwakilan dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan aliyah oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Riau. *(mrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *