Dharmasraya

Warga Keluhkan Layanan Kesehatan Di Puskesmas Gunung Medan

Dharmasraya,Pilarbangsanews- Warga Jorong Seberang Mimpi, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, mengeluhkan pelayanan Pusat Kesehatan (Puskesmas) Gunung Medan yang dinilai kurang maksimal bahkan tidak ada dokter piket yang bersiaga di lokasi.

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga merupakan orang tua pasien Syamwil mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan keadaan dan pelayanan yang ada di Puskesmas Gunung Medan tersebut.

“Sangat kita sayangkan kondisi dokter yang tidak berada di tempat saat ada pasien dalam keadaaan butuh pertolongan,” ucap Syamwil ke awak media ini sabtu (02/09/23) sekira pukul 08 ;15 wib pagi.

Selanjutnya, Syamwil juga mengungkapkan, saat ia membawa anaknya atau keluarga atas nama Andre untuk berobat ke Puskesmas Gunung Medan karena mengalami sakit pinggang dan sangat membutuhkan penanganan medis, namun tidak ada dokter piket yang siaga di Puskesmas tersebut. 

“Pelayanan Puskesmas Gunung Medan sangat buruk, pukul 21.30 WIB di UGD tidak ada lagi dokter yang piket,” kata Syamwil lagi.

Sebut Syamwil mengaku, ketika dirinya tiba di Puskesmas Gunung Medan hanya ada perawat yang kemudian menghubungi dokter bertugas di sana dan melalui handphone dokter meminta perawat tersebut untuk melakukan tes tensi atau kepada pasien sambil menunggu dokter.

Namun setelah menunggu beberapa lama dokter tidak kunjung datang datang. Karena dokter tidak ada perawat tidak berani menulis resep obat, sementara pasien merintih menahan sakit, melihat kondisi anaknya ayah pasien mengambil inisiatif untuk menelepon dokter lain, yaitu dokter Iwan yang bertugas di blok B yang sementara ini sedang bertugas di luar kota untuk berkonsultasi tentang penyakit anaknya, oleh dokter Iwan disarankan untuk membeli obat ke apotik.

“Lebih lanjut, Syamwil berharap kepada Dinas terkait, atas kejadian ini tidak terulang lagi dan lebih tanggap dalam menangani keadaan pasien”, harap Syamwil.

Hal senada juga disampaikan salah seorang masyarakat jorong Polo Tabek, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung pak ajib juga mengatakan kepada awak media ini, bahwa beberapa bulan yang lalu pernah membawa keluarganya berobat ke puskesmas tersebut dan juga menyesalkan atas pelayanan.

Sementara itu, Kepala Pukesmas (Kapus) Gunung Medan Era Pebmi saat dihubungi melalui ponsel selulernya mengatakan, dirinya kaget mendapat informasi tersebut dan dirinya lansung menelpon atau cross check kepada petugas yang jaga pada saat kejadian tersebut.

” Kebetulan pada malam itu ada dua orang dokter yang jaga, dimana satu orang dokter minta izin permisi pergi makan dan satu orang lagi pergi mandi, maklum saja, siang tadi kedua orang petugas tersebut habis dinas P3K di acara SR Cup di lapangan bola sport center koto Padang.” Terang Kapus.

” Selesai mandi dokter kembali ke UGD ternyata pasien sudah tidak ada, menurut petugas pasien sudah pergi karna tidak sabar menunggu kedatangan dokter.” tambah Kapus Itu lagi.

Kemudian Kapus Gunung Medan juga mengatakan dirinya berterima kasih atas saran dan informasi tersebut untuk kemajuan pukesmas kedapannya.(Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *