Pendidikan

12 Bakal Calon Rektor Unand Cabut Nomor Urut, Insannul Kamil Nomor 1

Padang,

Sepuluh Bakal Calon Rektor Unand hadir langsung saat pencabutan nomor urut, Selasa (26/9/2023). Dua orang diwakilkan karena melaksanakan tugas akademik ke luar Sumbar.

Proses loting (pencabutan) nomor urut dipimpin Ketua Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Unand Dr Febrin Anas Ismail sempat diwarnai pedebatan karena Balon Rektor belum ditetapkan Majelis Wali Amanat (MWA) Unand.

“Apakah nomor urut yang kita cabut ini bersifat sementara atau bagaimana, karena belum ada penetapan Balon Rektor oleh MWA Unand,” ujar satu dari 12 Balon Rektor Unand Dr Charles Simabura di Lantai 4 Rektorat Unand.

Febrin sangat akomodatif, dipembukaan sudah disebutkannya 12 Balon mendaftar telah memenuhi syarat sebagai Calon Rektor Unand periode 2023-2028. “Karena terbatasnya waktu, 3 Oktober 2023 sudah masuk kepada tahap penjaringan dosen. Dari pencermatan terhadap berkas 12 Balon Rektor yang mendaftar maka sudah kedua belas orang Balon telah memenuhi syarat sebagai Calon Rektor,” ujar Febrin Anas Ismail.

Atas kesepahaman bersama, disaksikan belasan wartawan, dilakukan loting nomor urut dengan memanggil satu persatu Balon Rektor berdasarkan nomor pendaftaran.
Setelah dilakukan loting, dan dibuka dihadapan audien yang memenuhi aula lantai 4 Gedung Rektorat Unand, Insannul Kamil memperoleh nonor urut 1.

“Saya mencabut Balon urutan keenam, dan saat saya buka ternyata memperoleh nomor urut 1,” ujar Insannul Kamil, Wakil Rektor 3 Unand ini tanpa menyebut itu sebagai tanda-tanda baik.

Sedangkan Balon lain Munzir Busniah memperoleh nomor urut 2, lalu Feri Arlius memperoleh nonor urut 3. Sedangkan Balon Rektor termuda dari Fakultas Hukum Unand Dr Charles Simabura nomor urut 4.

Sedangkan Prof Afriwardi nomor urut 5, Defriman Djafri nomor urut 6 dan Prof Novrial nomor urut 7. Satu-satunya Balon Rektor perempuan yang mendaftar Prof Fatma Sri mendapatkan nomor urut 8. Lalu Balon atas nama Dr Uyung Gatot nomor urut 9, sedangkan nomor 10 untuk Balon yang menjabat Dekan FEB yaitu Prof Efa Yonnedi, nomor urut 11 Prof Ikhwan Elfitri dan nomor urut 12 Prof Nursyirwan Effendi.

Semua Balon Rektor sudah memiliki nonor urut, Panitia Pilrek mempersilahkan seluruhnya untuk kampanye, baik pasif maupun aktif. “Silahkan berkampanye, kalau aktif bisa hadir di adu visi misi yang digelar Tenaga Pendidik, Mahasiswa maupun Alumni,” ujar Febrin. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *