Kesehatan

Bertemu Caleg Partai Golkar Syafrizal Ucok, Emak-emak Koto Pulai Minta Perjuangkan Kartu BPJS

Lengayang, PilarbangsaNews

Puluhan Emak-emak di Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang (Pesisir Selatan) sangat antusias ketika bersilaturrahmi dengan Caleg DPRD Sumbar Partai Golkar Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah hari Jum’at (6/10/2023) pagi. Salah satu aspirasi masyarakat yang paling menonjol adalah minta diperjuangkan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan.

“Kami ini keluarga miskin Pak. Kalau kami sakit dengan apa kami berobat, apalagi jika harus ke Padang. Kami tidak punya kartu BPJS Kesehatan padahal kami keluarga miskin,” kata Uni Emi (46) salah seorang emak-emak di Koto Pulai.

Menurut Uni Emi, banyak warga miskin di Koto Pulai Kambang Timur yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan, sehingga selalu menjadi keluhan masyarakat yang sakit.

Ketika Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah menanyakan kenapa tidak didaftarkan melalui Wali Nagari, warga mengatakan sudah berusaha mendaftarkan diri namun belum terakomodir seluruhnya.

Nagari Kambang Timur memiliki penduduk hampir 9.000 jiwa yang tersebar di 6 kampung. Separuh penduduk nagari ini berada di Kampung Koto Pulai tempat Emak-emak ini mengeluhkan kartu BPJS Kesehatan.

“Tolong ya Pak Ucok, bantu kami perjuangkan kartu BPJS Kesehatan sehingga kami dapat berobat gratis, termasuk berobat ke Padang. Kalau Pak Ucok diamanahkan jadi Anggota DPRD Sumbar tolong harapan kami ini diwujudkan Pak,” ujar Uni Emi ini diamini oleh puluhan Emak-emak Koto Pulai yang hadir.

Menanggapi harapan Emak-emak ini, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengaku sangat terkejut, karena kartu BPJS Kesehatan adalah hak dari keluarga miskin. Mudah mudahan hal ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, mulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten.

Jika kuota yang disediakan pemerintahan nagari tidak mencukupi, maka nasib keluarga miskin Koto Pulai ini tentu harus mendapatkan prioritas BPJS Kesehatan, sehingga harus diusulkan penambahan kuota kepada Pemda Kabupaten melalui Kecamatan Lengayang.

Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah menjanjikan, jika mendapatkan amanah menjadi Anggota DPRD Sumbar maka masalah kartu BPJS Kesehatan bagi masyarakat Pesisir Selatan, termasuk aspirasi di Koto Pulai Kambang Timur ini, akan menjadi perhatian. “Bagi yang belum mendapat kartu BPJS Kesehatan akan dicarikan solusinya,” kata Syafrizal Ucok, Ketua LKAAM Pesisir Selatan ini.

Selain kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, maka fokus perjuangan Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah nantinya adalah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *