Pemilu

Pj Wako Jasman Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Payakumbuh Jasman menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Mako Polres Payakumbuh, Selasa (17/10/2023).

Pj Wako Payakumbuh Jasman mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh siap bersinergi dengan semua pihak dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Salah satu tugas saya sebagai Pj Wako Payakumbuh itu untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu sukses dan tentunya aman serta lancar. Sehingga memang dibutuhkan sinergitas dengan semua pihak dan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari bertindak sebagai pimpinan apel. Hadir dalam kesempatan itu Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh, Ketua KPU Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Ketua Bawaslu Payakumbuh dan Limapuluh Kota, dan OPD terkait.

Untuk itu dia meminta seluruh ASN Pemerintah Kota Payakumbuh untuk ikut bersama-sama dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu tanpa harus ikut politik praktis.

“Jangan ada ASN Kota Payakumbuh yang ikut dalam politik praktis dan tetap bekerja sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Sementara Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan pengamanan setiap rangkaian tahapan pemilu baik tahapan pendaftaran, kampanye maupun pencoblosan serta penetapan para pemenang Pemilu.

Pada kesempatan itu Kapolres membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.

Selanjutnya pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

“Ketiga laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel,” katanya.

Berikutnya pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.

“Hal ini penting, mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak,” ungkapnya.

Serta, sambungnya kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

“Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi,” ujarnya.

Kapolres mengatakan operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional sehingga seluruh rangkaian tahapan pemilu dapat terselenggara dengan lancar, aman dan kondusif. (wba))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *