Pemilu

Pj Wali Kota Payakumbuh Hadiri Ikrar Pemilu Damai Kodim 0306/Limapuluh Kota

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Jelang masa kampanye Pemilu 2024, Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Forkopimda, tokoh masyarakat, penyelenggara Pemilu, dan partai peserta Pemilu gelar Ikrar Pemilu Damai Tahun 2024 di Aula Ngalau Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (14/10/2023).

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0306/50 Kota atas inisiasinya mengadakan Ikrar Pemilu Damai Tahun 2024 dalam rangka mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh,” ujar Pj. Wako Payakumbuh Jasman dalam sambutannya.

Dikatakan Jasman, kehadiran dan kerjasama TNI, Polri, DPRD, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu sangat krusial dalam menjamin pelaksanaan Pemilu Damai Tahun 2024.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proses ini berlangsung secara aman dan damai. Ikrar Pemilu Damai ini adalah langkah konkret kita untuk mewujudkan situasi yang kondusif, di mana setiap warga dapat berpartisipasi tanpa takut akan ketidakamanan,” sambungnya.

Ikrar ini bukan sekadar formalitas, tambah Jasman, tetapi merupakan komitmen bersama untuk menciptakan pemilu damai. Jasman yakin, kerjasama antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dan seluruh elemen masyarakat akan membentuk barisan kokoh dalam menjaga keamanan.

“Dengan penuh keyakinan, saya berharap seluruh warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota dapat menunjukkan kedewasaan politik, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jasman turut menegaskan komitmen bersama Pemilu Damai 2024 berupa menjaga kondusifitas wilayah, mendorong partisipasi aktif masyarakat, menjauhi politik identitas dan SARA, serta menjaga etika dan sportivitas. “Mari jadikan Pemilu Tahun 2024 sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan kita,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam sambutannya menyampaikan bahwa wilayah Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh memiliki track record sebagai daerah yang tidak “panas” secara politik.

“Track record ini tentu harus dijaga demi nama baik wilayah kita. Ikrar ini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil, serta demokratis. Mari kita sambut pemilu 2024 dengan melakukan yang terbaik sesuai undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.

Diketahui, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar pemilu damai tahun 2024 oleh seluruh tamu undangan dan penandatanganan ikrar pemilu damai oleh forkopimda, tokoh masyarakat, partai peserta pemilu, dan penyelenggara pemilu 2024 di wilayah Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *