Payakumbuh

Jasman : Darurat Sampah di Payakumbuh Baru Solusi Jangka Pendek

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Usai rapat bersama seluruh unsur Forkopimda Kota Payakumbuh terkait masalah darurat sampah di Kota Payakumbuh Sabtu (30/12/2023) malam, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman langsung meninjau titik-titik lokasi pengumpulan sampah, Minggu (31/12/2023) pagi.

“Semoga kedepanya masalah darurat sampah yang terjadi di Payakumbuh bisa terkendali dan lancar seperti sediakala,” kata Pj. Wako Jasman.

Tak lupa, Pj. Wako Jasman memberi semangat kepada petugas pemungut sampah yang tak kenal lelah bekerja sedari subuh hingga malam hari membersihkan tumpukan sampah agar Kota Payakumbuh tetap bersih dan asri.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi petugas kebersihan yang terus bekerja siang malam untuk kebersihan Kota Payakumbuh. Semoga semangat mereka terus berkorbar dan mendapat pahala dari Allah,” ujarnya.

“Serta masyarakat kita bisa lebih sadar akan sampah ini, pilah dulu dan kemas dengan baik sebelum dibuang agar petugas kita bisa lebih mudah mengangkut ke pembuangan akhir,” tukuknya.

Jasman juga mengatakan, terkait masalah sampah ini, Pemko Payakumbuh telah memiliki beberapa solusi. Namun masih bersifat jangka pendek dan sesegera mungkin harus memiliki solusi jangka menengah dan jangka panjang.

“Semalam kita telah meminta masukan kepada seluruh pihak mulai dari unsur Forkopimda dan berkomunikasi dengan sejumlah pakar. Semoga kita segera mendapatkan solusi terbaik,” ucapnya.

Ia juga berharap agar dalam waktu dekat Kota Payakumbuh dapat menggunakan lokasi tempat pembuangan sementara di Kabupaten Limapuluh Kota sehingga sampah yang saat ini tertumpuk di Kota Payakumbuh dapat diselesaikan.

“Namun tentunya hanya dalam beberapa hari ini sembari kita menyiapkan kerjasama dengan TPA daerah lain,” ungkapnya.

Mantan Kadis Kominfo dan jubir Pemerintahan Provinsi Sumbar itu juga meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat memilah sampah sebelum di buang ketempat pembuangan sampah supaya tidak terlalu banyak terjadi penumpukan.

“Kita minta masyarakat juga bisa mengolah sampah sendiri di rumah, ini untuk mengurangi penumpukan sampah di Payakumbuh. Harapan kita sampah yang dibuang itu betul-betul sampah yang tidak bisa diolah lagi,” pungkasnya. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *