Payakumbuh

Temu Pj Wako dan Awak Media, Dari Masalah Sampah Hingga Menghadapi Tahun Politik

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Untuk kali kedua semenjak dilantik menjadi Pj. Wali Kota Payakumbuh tiga bulan lalu, Jasman mengelar pertemuan dengan insan pers yang bertugas di Payakumbuh, Jumat (12/1/2023) sore di pendopo rumah dinas.

Dalam pertemuan yang dipandu Kadis Kominfo Junaidi dan juga dihadiri Asisten II Elzadaswarman itu Jasman mengungkpan sejumlah persoalan dan harapan.

Pertama ia sebutkan masalah sampah yang menjadi viral. Sebagai dampak longsornya TPA regional milik provinsi yang berlokasi di Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. “Terhitung 31 Desember pemerintah provinsi resmi menutup TPA ini,” ucap Jasman.

Produksi sampah di daerah ini 80-85 ton per hari. Bayangkan, bagaimana jadinya Kota Payakumbuh akibat kondisi ini.
Sampah mengunung dimana mana.

“Bersama Forkopimda kami putar otak bagaimana mengatasi masalah ini. Akhirnya ditemukan solusinya dengan Pemko Padang. MoU diteken, sampah Payakumbuh dibuang ke TPA Kota Padang. Namun MoU ini hanya untuk 60 hari saja, dan sudah berjalan 10 hari,” bebernya.

“Sekarang Pemko bersama seluruh pemangku kepentingan tengah mencari solusi yang permanen tentang lokasi TPA ini,” terang Jasman.

Hal lain yang krusial diungkapkan Jasman adalah peran media menghadapi tahun politik sepanjang tahun 2024 ini. “Tahun 2024 ini merupakan tahun politik yang diawali Pileg dan Pilpres, dan berlanjut Pilkada serentak. Disini media amat berperan memberikan edukasi ke masyarakat. Bukan saja edukasi tapi juga menjaga kondisi suhu politik,” harapnya.

“Rekan rekan media, terutama yang bertugas di Kota Payakumbuh selama ini cukup bijak dan arif tentang hal ini,” sebut Jasman menilai.

Terakhir dikatakan, sebagai mitra dengan media, Jasman mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh melalui Diskominfo pada tahun 2024 ini memfasilitasi keberangkatan wartawan mitra Pemko menghadiri peringatan HPN (Hari Pers Nasional) di Jakarta bulan Februari mendatang. Selain itu, juga menfasilitasi UKW untuk 25 orang wartawan. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *