Sumbar

Tim Pakar DPRD Sumbar Diharapkan Memberikan Ide dan Pemikiran untuk Pembangunan Daerah

Padang, PilarbangsaNews

Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, SH memberikan pengarahan umum kepada Tim Pakar/Tim Ahli DPRD Sumbar tahun 2024, di Ruang Khusus I DPRD Sumbar, Jum’at (16/2/2024).

Menurut Supardi, Tim Pakar merupakan orang-orang memiliki pengetahuan dan pengalaman berbagai bidang ilmu pengetahuan guna mensuport kegiatan kedewanan, memberikan masukan, pandang dan analisa kajian dalam menetapkan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah, baik bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) maupun bagi pemerintah daerah.

Anggota DPRD yang berlatarkan berbagai profesi, mereka terpilih bukan karena keilmuan yang dimiliki tetapi mereka menjadi anggota DPRD karena proses demokrasi dalam perpolitikan.

“Karenanya dukungan support dan analisa kajian Tim Pakar DPRD diharapkan mampu memberikan masukan dan pandangan yang cerdas terhadap anggota DPRD untuk menentukan kebijakan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Supardi.

Supardi sampaikan, Sumatera Barat dikenal dengan sumberdaya manusia yang cerdas, banyak lagi tokoh-tokoh nasional dimasa lalu namun saat ini seakan-akan Sumatera Barat tenggelam dalam perkembangan kemajuan Indonesia. “Tentunya Tim Pakar DPRD Sumbar diharapkan dapat bersuara memberikan pemikiran-pemikiran cerdas, bermutu dan berinovasi memberikan ide-ide dan gagasan-gagasan baru yang dapat meningkatkan kemajuan pembangunan daerah, terutama dalam upaya meningkatkan pendapatan pembangunan daerah,” ujarnya.

Supardi juga katakan, saat ini kendala besar pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat belum terolah sumber peningkatkan pendapatan daerah secara lebih baik dari potensi-potensi daerah yang ada.

“Untuk butuh inovasi dan ide-ide pemikiran baru yang cermerlang dalam upaya meningkatkan sumber pendapatan daerah, baik dalam kebijakan aturan, penerapan pola tata kerja maupun mengembangan potensi daerah, sehingga sumber pendapatan daerah bertambah,” harapnya.

Supardi juga tekankan, Tim Pakar ini tidak kaku dalam bekerja walaupun diusulkan oleh Pimpinan, AKD semua mestilah membangun sinergi, berkolaborasi secara terpadu dalam tim pakar yang hebat dan kompak.

“Tim Pakar DPRD Sumbar dalam berkerja berorientasi professional, berintergritas, berdedikasi melahirkan analisa bermutu dan kajian yang konferhensif dalam memberikan masukan bagi DPRD dan pemerintah daerah. Dan setiap analisa kajian tersebut jangan tersebar kemana-mana, mesti dalam koridor pimpinan DPRD dan pemerintah daerah,” ingatnya.

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, SH.MM dalam kesempatan itu juga menyampaikan, Tim Pakar DPRD berada dalam koordinasi sekretariat DPRD, maka penugasan dan hal-hal kegiatan tim pakar dalam komando sekretaris dewan.

“Semua mesti dalam satu pintu koordinasi yang utuh. Penugasan sesuai permintaan pimpinan dan aktifitas kegiatan AKD dalam menyelesaikan tugas dan fungsi kedewanan, baik dalam pembentukan perundang-undangan, pengawasan dan anggaran,” ungkap Raflis. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *