Pemilu 2024

Sambut Pesta Pilkada, Bawaslu Gelar Peningkatan Kapasitas Pengawas

Kab Solok, PilarbangsaNews

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi petugas pengawas pemilu dan pegawai di kesekretariatan. Hal itu diperlukan guna mengatasi dan meminimalisir sengketa pada saat pemilihan.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Kepala Umum (Bawaslu) Kabupaten Solok, Titoni Tanjung dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa pengawas pemilu memiliki peran sentral dalam menjaga jalannya pelaksanaan pemilihan.

Betapa tidak tambahnya, setiap jenis pelanggaran yang terjadi akan bermuara kepada para petugas di lapangan.

“Oleh karenanya, para pengawas pemilu mulai dari tingkat kecamatan hingga di tempat pemungutan suara harus memiliki pemahaman tugas dan fungsi di lapangan maupun di kesekretariatan,” ungkap Toni, Kamis (21/3/2024).

Tambahnya, berkaca dari masa pemilihan legislatif yang baru saja selesai, pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada November mendatang akan menjadi tantangan yang baru bagi petugas pengawas.

Pasalnya lanjut Toni, tingkat kerawanan gesekan antar peserta dan tim pemenangan dalam memainkan pola sosialisasi akan semakin tinggi.

“Meski pesertanya sedikit, tetapi kita tetap butuh pengawasan ekstra terhadap kecurangan pemilu. Terutama terhadap politik uang maupun kecurangan lainnya,” tambahnya.

Menurut Toni, penting sekali dilaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis ini dilakukan secara berkala. Sebab semakin majunya era teknologi, semakin meningkat juga celah dan juga bertambah ruang dalam melakukan kecurangan.

“Dan ujungnya nanti akan semakin tinggi juga catatan sengketa pemilu. Dan kita harus memiliki tekad bersama untuk menciptakan pemilu uang bersih jujur dan dan adil untuk keberlangsungan demokrasi khususnya di Kabupaten Solok ini,” tutup Toni.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Koordinator divisi hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan kemasyarakatan, Haferizon. Kasubag kesekretariatan, Edi Sofyan. Perwakilan dari Gakumdu dan seluruh Pengawas kecamatan se Kabupaten Solok.(ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *