Tanah Datar

Lolos 10 Besar Nasional, Bupati Eka Putra Sambut Tim Penilai PPD 2024

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Kabupaten Tanah Datar kembali meraih meraih 10 Besar nominator Tahap II penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 Tingkat Nasional.

Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. menyambut kunjungan rombongan Tim Penilai Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional 2024 dari Bappenas RI.

Acara penyambutan Tim Penilai PPD itu digelar di halaman gedung Indo Jolito Batusangkar pada Rabu (27/3/2024).

Rombongan Tim Penilai terdiri dari Ir. Chairil Abdini Abidin Said, M.Sc., Ph.D., Prof. Ir. Tommy Firman, M.Sc, Ph.D., Akhmad Misbahkul Hasan, S.E., M.Si., Avanti Fontana, Ph.D., CF, CC., Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec. Ditambah Tim Penilai Utama (TPU) Dr. Ir. Budhi Santoso, MA dan Tim Penilai Teknis (TPT) Yudhie Hatmadji Sudjarwo, ST, MPP.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berhasil melangkah ke 10 besar tingkat nasional ajang PPD 2024 melalui Program Inovasi Satu Nagari Satu Event.

Dalam paparannya, Bupati Eka Putra menerangkan perencanaan Pembangunan Daerah merupakan fungsi yang sangat penting dan strategis, dengan perencanaan kita bisa melihat ke arah mana pembangunan akan dilaksanakan tentu dengan mempertimbangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki serta didasari data informasi yang akurat dan akuntabel.

Lahirnya pemikiran untuk membuat Program Satu Nagari Satu Event telah dirancang awal saat Eka Putra mencalonkan menjadi Bupati dengan maksud dan bertujuan untuk pelestarian kebudayaan, menggali potensi nagari, sekaligus mengemas dan mempromosikannya.

Banyaknya kekayaan alam yang melimpah, adat dan budaya serta kuliner yang unik, sehingga memiliki pemikiran kekayaan itu harus dilestarikan karena mampu memberikan multiplier effect.

Untuk mewujudkan program ini bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait saling berkoordinasi dan bekerjasama dan bekerja keras mempersiapkan formulanya, termasuk memberikan dana stimulus Rp50 juta untuk membantu pelaksanaannya.

Menyusun dan merancang standar pelaksanaan, bagaimana pendanaan serta bagaimana kegiatan ini mampu memberikan multiplier effect l, yakni pelestarian adat budaya sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam dua tahun pelaksanaan Satu Nagari Satu Event terlihat anak-anak muda di Nagari bisa mengemas suatu event pertunjukan yang berkelas.

Program inovasi yang dilatar belakangi potensi pariwisata Tanah Datar untuk tahun 2023 telah terlaksana 50 event wisata dengan rangkaian acara dalam 153 hari yang tersebar di beberapa nagari di Kabupaten Tanah Datar.

Pada tahun 2024 dilaksanakan sebanyak 70 event wisata yang akan berlangsung selama 171 hari di 36 nagari di Kabupaten Tanah Datar.

Tidak lupa pada kesempatan itu Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada tim penilai dengan harapan Tanah Datar nantinya juga bisa menjadi yang terbaik PPD 2024 Tingkat Nasional.

Perwakilan tim penilai Budhi Santoso menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah mampu melewati penilaian tahap pertama dan masuk 10 besar di penilaian tahap kedua. Dalam kunjungan lapangan ini sekaligus akan dilaksanakan wawancara.

Diungkapkan juga, daerah terbaik nantinya akan diundang di acara Musrenbang Nasional untuk menerima penghargaan.

Kepala Bapedda dan Litbang Tanah Datar Adriyanti Rustam dalam paparannya menyampaikan, pada tahun 2023 Program Satu Nagari Satu Event telah dilaksanakan 26 Nagari di 24 Kecamatan.

Program yang bertujuan menunjang ekonomi kreatif, pelestarian budaya dan adat, memajukan olahraga dan produk nagari telah memberikan dampak kunjungan wisata dan perputaran ekonomi di nagari, dimana tercatat 206.847 orang berkunjung dengan transaksi sebesar Rp26 miliar lebih.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bappeda Sumbar, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD, BPS Tanah Datar serta undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *