Tanah Datar

Tingkatkan Layanan, Dukcapil Gelar Rakor dengan Petugas Pengelola Adminduk Nagari

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Untuk meningkatkan layanan Administrasi Kependudukan dan Perizinan di Kabupaten Tanah Datar melalui inovasi Peluk Tanda Diri (Pelayanan Publik Tanah Datar Diujung Jari), Dinas Dukcapil Tanah Datar menggelar Rapat Koordinasi penyelenggaraan Adminduk bersama Petugas Pengelola Adminduk Nagari Se Tanah Datar.

Rakor ini dibuka Sekretaris Dinas Dukcapil Samsuwar yang mewakili Kepala Dinas dilaksanakan Rabu (27/3/2024) di Aula Dinas Dukcapil Tanah Datar.

Dikatakanya, Rakor bertujuan menyamakan persepsi penyelesaian permasalahan dokumen kependudukan sekaligus menggenjot capaian target kinerja Dinas Dukcapil serta peningkatan capaian kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Tanah Datar.

Samsuwar menyebutkan, Dinas Dukcapil Tanah Datar kembali menambahkan akses layanan Adminduk yang dibantu oleh Petugas Registrasi Nagari (PRN) diantaranya penginputan Kartu Identitas Anak (KIA), pengajuan Cetak Kartu Keluarga, penginputan data kelahiran dan kematian.

Dinas Dukcapil juga meminta nagari selalu mensosialisasikan tentang peningkatan cakupan registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) masyarakat dan percepatan penyelesaian perekaman KTP-el bagi wajib KTP yang belum rekam KTP terutama bagi pemilih pemula pada Pilkada nanti.

Dalam keterangan terpisah, Kadis Dukcapil, Armen Yudi menjelaskan, progul Peningkatan Layanan Administrasi Kependudukan dan Perizinan di Kabupaten Tanah Datar membawa banyak perubahan paradigma layanan bagi masyarakat. Dulu hanya bisa diakses di Dinas Dukcapil, sekarang sudah dapat diakses melalui smartphone pribadi masyarakat. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *