Pessel

PLUT Rawang jadi Panggung UMK

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska meminta kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMK) untuk memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Rawang Painan, jadi panggung usaha dan kreativitas.

Hal itu disampaikan Sekda yang didampingi Sekretaris Dinas Koperasi, UMK dan Tenaga Kerja, Jafriwandi saat mengadakan ngopi sore dengan para penggiat UMK, Rabu sore, 16/05.

“Dari gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Rawang Painan ini, kami menghimbau agar para pelaku usaha dapat menjadikan Sapras ini secara optimal” jelas Mawardi.

Bahkan sebutnya, upaya dan langkah konkrit untuk mengfungsikan PLUT sesuai dengan fungsi yang diharapkan.

” Pemda telah menyiapkan sarpras (panggung) bagi pelaku UMKM, silahkan jadikan gedung PLUT ini menjadi rumah bagi pelaku UMKM. Baik dalam memperkuat SDM pelaku, kelembagaan, usaha UMKM (dari hulu sampai ke hilir), mengolah, mengemas, memasarkan, membranding produks dan membangun kemutraan” sebutnya.

Senada dengan itu, Sekdis Kop,UMKM dan Naker, Jafriwandi menyebutkan beberapa upaya yang akan dilakukan kedepan.

“Para penggiat UMK yang ada sedang memproses MoU dengan Kadis Kop, UMK dan Naker terhadap pengelolaan gedung PLUT ini” sebut Jafri.

Lanjutnya, para penggiat akan melakukan malam kuliner dan budaya Pasisie setiap hari Sabtu, yang akan digelar pada Sabtu 26 Mei 2024.

“Mulai pukul 15.00 wib s.d 23.00 wib. Waktu ini akan dijajakan berbagai produk kuliner pelaku UMK Pasisie dan penampilan seni budaya rang Pasisie (klasik dan kontemporer:Red)” tukuknya

Bahkan setiap Minggu pukul 06.00 – 11.00 wib, acara Pasisie Car Free Day dan senam massal juga akan dihadirkan berbagai menu kuliner Pasisie.

” Serta sarana untuk cek kesehatan seperti gula darah, tensi, klosterol, sebagai upaya untuk promotif dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)” ujarnya lagi.

Untuk mematangkan rencana tersebut, para penggiat UMK dan seni budaya yang ada bersama-sama dengan Pemda, Nagari dan stakholders terkait lainnya, dalam minggu depan mengadakan pertemuan di Gedung PLUT.

Seperti diberitakan pekan lalu, Gedung Plut diresmikan penggunaanya oleh Bupati Pesisir Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Mawardi Roska.

Gedung megah berdiri di Kampung Rawang, Painan, Kec. IV Jurai. Dibangun dengan anggaran bersumber dari DAK tersebut dengan pagu Rp10 miliar. (Wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *