Kota Padang

Pj. Wali Kota Padang Andree Algamar Dilantik, Siap Jalankan Tugas Fasilitasi Pilkada, Netralitas ASN, Turunkan Stunting dan Pelayanan Publik

Padang, PilarbangsaNews

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melantik Andree Harmadi Algamar sebagai Penjabat (Pj) Walikota Padang di Auditorium Gubernuran, Sumbar, Jum’at (17/5/2024) sore.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur menitipkan sejumlah pesan kepada Pj. Walikota padang. Pertama terkait dengan pengendalian inflasi dan penanganan stunting.

Selain itu Pj. Walikota juga diminta untuk menfasilitasi pelaksanaan Pilkada 2024 agar berjalan sukses dan lancar. Kemudian, melakukan mitigasi dan pendeteksian dini terhadap segala macam potensi bencana akibat tingginya intensitas hujan dalam beberapa bulan terakhir di Kota Padang. “Caranya ya dengan menjaga kolaborasi dan sinergitas dengan seluruh pihak,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Ia menuturkan kenapa itu penting, sebab saat ini beberapa hal tersebut tengah menjadi fokus seluruh daerah secara nasional. Selain itu, Kota Padang juga merupakan ibu kota provinsi yang secara tidak langsung akan menjadi etalase keberhasilan pemerintah di Sumbar. “Bahkan dalam beberapa kali rapat, Presiden selalu mengingatkan daerah terkait hal itu,” ungkap Mahyeldi.

Pengambilan Sumpah Jabatan Pj Wali Kota Padang Andree Algamar

Gubernur juga mengingatkan tentang tugas utama dari seorang pejabat negara. Menurutnya, pejabat itu tugasnya adalah menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat. “Harus melayani jangan pula minta dilayani, harus hati-hati,” tegas Mahyeldi.

Ditegaskannya, Pj. Walikota mesti melanjutkan seluruh program baik yang telah berhasil dijalankan oleh pejabat sebelumnya dan melakukan perbaikan terhadap hal yang dinilai masih perlu disempurnakan.

Andree Algamar, alumni STPDN/IPDN itu menggantikan Hendri Septa Dt. Alam Batuah yang masa jabatannya telah berakhir sejak 13 Mei 2024 lalu. Dia dilantik sesuai dengan Keputusan Kemendagri Nomor 100.2.1.3.1073 Tahun 2024.

Pj Wali Kota Padang bersama Kepala OPD Kota Padang

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar mengaku siap menjalankan tugas sesuai dengan perintah Mendagri yang disampaikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Diantaranya, menjalankan roda pemerintahan secara umum, memfasilitasi Pilkada, netralitas ASN, serta ditambah dengan inflasi dan stunting.

“Insya Allah bersama-sama dengan Forkopimda, seluruh OPD kita akan mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk melaksanakan tugas tersebut. Pelayanan publik juga jadi perhatian kita semua, tentu ini butuh dukungan dari kawan-kawan semua. Kita terima masukan dan saran agar Padang terus menjadi kota yang lebih baik,” katanya didampingi sang istri Ny. Vanny Andree Algamar.

Lebih lanjut, Andree Algamar mengaku siap menerima masukan dari semua pihak untuk memastikan pemerintahan Kota Padang dapat berjalan maksimal di masa transisi jelang kembali terpilihnya Wali Kota defenitif baru. “Tugas saya adalah mengantarkan sampai setelah pelantikan (Wali Kota defenitif),” ujarnya.

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah

Terkait posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang yang kini kosong sepeninggal dirinya dilantik sebagai Pj. Wali Kota Padang , Andree Algamar mengaku akan segera mengajukan Pj. Sekda dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan Pj. Sekda tentu pejabat senior. Pasti dedikasi dan loyalitasnya sudah terukur. Nanti kami usul ke Pemerintah Provinsi untuk kemudian dilakukan pelantikan,” pungkas dia.

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar, istri dan tokoh masyarakat

Prosesi pelantikan Andree Algamar sebagai Pj Wali Kota Padang juga dihadiri Bupati Mentawai, pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar, Pejabat di lingkungan Pemko Padang, serta tokoh masyarakat dari berbagai kalangan.

Sebelum diangkat sebagai Pj Walikota Padang, Andree Harmadi Algamar menjabat sebagai Sekretaris Daerah di daerah tersebut sejak 13 Juni 2022 lalu. (Adv)

#Pariwara

#Dinas Kominfo Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *