Wartawan

PWI Pusat Tetapkan Calon Ketua PWI Sumbar : Heranof Firdaus, Adrian Tuswandi, Widya Navies dan Almudazir

Padang, PilarbangsaNews

Setelah melewati penjaringan dan pengembalian berkas dan sudah diverifikasi, PWI Pusat menetapkan empat Calon Ketua PWI Sumbar untuk dipilih pada Konferensi Luar Biasa (KLB) Rabu 22 Mei 2024. Keempatnya adalah H. Heranof Firdaus, Adrian Tuswandi, Widya Navies dan Almudazir.

“Empat calon Ketua Harian PWI Sumbar telah ditetapkan yaitu Heranof, Adrian Tuswandi, Widya Navies dan Almudazir. Sebelumnya ada lima bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran, tapi setelah diverifikasi akhirnya satu dinyatakan belum memenuhi syarat untuk calon Ketua Harian sesuai PD/PRT PWI,” kata Sekretaris PWI Firdaus Abie, Senin (20/5/2024).

Serangan untuk calon Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumbar, PWI Pusat menetapkan dua calon yaitu Eko Yance Edrie dan Zul Effendi. “Untuk Calon DKP PWI Sumbar ada dua yaitu Uwan Eko dan Uda Zul Effendi, keduanya diusulkan ke PWI Pusat dan lolos sebagai calon keduanya,” ujar Firdaus.

Penetapan Calon Ketua untuk dipilih KLB itu ditetapkan pada Surat Keputusan PWI Pusat No: 392/PWI-P/LXXVIII/2024 tertanggal 20 Mei 2024, ditandatangani Ketua Umum PWI Pusat Hendri CH Bangun, Ketua Bidang Organisasi Zulmansyah Sekedang dan Sekum Sayid Iskandarsyah.

Pada Surat Keputusan PWI Pusat itu disebutkan bahwa Revdi Iwan Syahputra tidak memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Dasar (PD) PWI Pasal 26 ayat 2 (a) yang mana berbunyi; sudah menjadi Anggota Biasa sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun.

Setelah keluarnya keputusan tersebut, PWI Sumatera Barat menindaklanjuti dengan mencetak surat suara. Ada empat calon Ketua Harian PWI Sumbar yaitu Heranof Firdaus, Adrian Tuswandi, Widya Navies dan Almudazir. Sedangkan Calon Ketua DKP PWI Sumbar adalah Eko Yanche Edrie dan Zul Effendi.

“Nomor urut dalam surat suara didasarkan saja sesuai alfabet nama,” ujar Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sekedang yang akan hadir bersama Haris Sadikin, Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat, saat Konferensi Luar Biasa PWI Sumbar, Rabu 22 Mei.

DPT Bertambah Menjadi 300 Orang

Selain penetapan Calon Ketua Harian dan Calon Ketua DKP PWI Sumbar, PWI Pusat mengirimkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbaru, sekaligus mencabut DPT sebelumnya. Pada pemberitaan terdahulu, ada 299 orang pemilih yang terdaftar. Pada DPT terbaru yang dikeluarkan PWI Pusat, ada 300 orang di dalam daftar pemilih tetap.

Ketua OC Sawir Pribadi dan Sekretaris Panitia Firdaus Abie menyebutkan, dijadwalkan semua persiapan akan selesai pada Selasa besok, sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berlangsung sesuai jadwal. “Kita juga sudah mendapat jadwal penerbangan pengurus PWI Pusat ke Padang,” kata Sawir.

Surat Mandat

Hal lain dari pelaksanaan KLB, panitia juga menyediakan Surat Mandat bagi peserta pemegang hak suara yang tidak bisa hadir. Mereka bisa memberikan hak suara memilih dengan memberikan Surat Mandat kepada peserta KLB yang juga memiliki hak suara untuk memilih.

Maksimal satu orang pemegang Surat Mandat hanya boleh menerima mandat dari dua orang pemberi mandat.

Plt Ketua PWI Sumbar Widya Navies menyebutkan, persiapan maksimal sudah dilakukan panitia. Ia berharap, semua Anggota Biasa PWI Sumbar dapat menghadiri KLB sebagai forum tertinggi untuk mengambil keputusan bagi PWI Sumbar untuk memilih Ketua Harian PWI Sumbar dan Ketua DKP PWI Sumbar, periode lima tahun ke depan. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *