Sumbar

Prestasi Perpustakaan SMAN 5 Padang, Jadi Terbaik Kedua di Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Perpustakaan milik SMAN 5 Padang meraih juara kedua pustaka terbaik antar SMA/SMK/MA se-Sumbar. Kepastian itu didapat setelah terbitnya SK Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 27 Mei 2024.

Juara kedua yang diraih perpustakaan Mutiara Qalbu milik SMAN 5 Padang tidak terlepas dari pembinaan yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Pembinaan itu akhirnya berbuah manis.

“Tentunya kita bersyukur dengan prestasi yang diraih perpustakaan SMAN 5, pembinaan yang selama ini kita berikan meraih hasil gemilang,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Feri Mulyani Hamid saat diwawancarai, Senin (27/5/2024).

Diakui Feri Mulyani, selama ini perpustakaan Mutiara Qalbu memang terbilang baik dibanding perpustakaan sekolah lain. Menurutnya, perpustakaan milik SMAN 5 itu telah memiliki struktur keorganisasian pustaka yang lengkap. Selain itu juga memiliki ruangan pustaka yang luas dan nyaman.

“Sebelum lomba kemarin, hal ini yang terus kita dorong dan bina. Bagaimana supaya di pustaka SMAN 5 memiliki organisasi dan administrasi lengkap. Dan memang, pustaka sekolah itu dipimpin oleh kepala pustaka, tenaga administrasi, pustakawan, serta koleksi buku yang lengkap, dan pada akhirnya SMAN 5 meraih juara kedua,” kata Feri Mulyani.

Kadis juga mengatakan, pustaka SMAN 5 juga telah terakreditasi dengan nilai A. Bahkan telah memiliki nomor induk pustaka.

“Pustaka ini memiliki aturan dan regulasi yang lengkap, karena itu pustaka yang berada di Balaibaru itu termasuk yang terbaik di Padang,” ungkapnya.

Sisi lain Feri Mulyani mengimbau kepada seluruh sekolah yang ada di Padang untuk menjadikan pustaka sebagai tempat membaca buku yang baik bagi siswa. Menjadi tempat yang utama di sekolah.

“Di sejumlah sekolah banyak yang meletakkan posisi pustaka di sudut sekolah, seolah tidak utama. Padahal pustaka itu utama dan penting, sebagai tempat pembelajaran literasi,” ujarnya. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *