50 Kota

Ribuan Warga Padati RTH Mahkota Berlian Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Gema takbir mengalun syahdu di seantero negeri mengiringi perayaan Idul Adha 1445 H, tak terkecuali di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian kawasan IKK Sarilamak, Senin (17/06/2024) pagi.

Lantunan takbir itu bersumber dari seribuan masyarakat Sarilamak dan sekitar yang berduyun-duyun datang untuk melaksanakan Ibadah Shalat Idul Adha.

Gelaran Solat Idul Adha ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Lima Puluh Kota dan Kemenag Limapuluh Kota. Momen solat Ied menjadi yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Limapuluh Kota di RTH setelah diselenggarakan pada momen Sholat Idul Fitri bulan April lalu.

Dibayangi cuaca mendung, bertindak sebagai Khatib Prof. H. Syafruddin, M.Ag dan Imam Ustadz Bakri yang bertindak sebagai Khatib. Solat Idul Adha juga diikuti oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Herman Azmar, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, para Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sesaat sebelum Sholat Idul Adha mengajak seluruh umat muslim di Limapuluh Kota untuk menjadikan Ibadah Idul Adha sebagai momentum untuk mengingatkan kembali bahwa hidup ini takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan. “Pengorbanan tersebut harus dengan niat yang ikhlas bertujuan berbagi dengan keluarga terdekat hingga masyarakat,” ucap Bupati Safaruddin.

Selain itu, Ia menghimbau umat muslim jika ibadah kurban tidak diukur dari besarnya, namun bagaimana keikhlasan dalam melaksanakan ibadah kurban tersebut.

“Hari Raya Idul Adha kali ini bakal memberikan penyadaran kepada masyarakat agar untuk aktif dalam kegiatan sosial. Hal itu sebagai usaha kita untuk berbagi kebahagiaan secara merata, untuk itu, mari ketuk hati kita, kepedulian sosial dan berbagi bersama saudara kita,” tutur Bupati Safaruddin.

Selain itu, ia kembali menyampaikan peningkatan kawasan IKK jadi salah satu visi misi daerah dan saat ini tengah dilakukan pembangunan fasilitas pemerintahan dan kesehatan di kawasan IKK. “Insya Allah tahun ini sudah mulai dikerjakan tahapannya, nanti akan ada rumah sakit baru di kawasan IKK ini. Harapan kami, Sarilamak akan menjadi pusat pemerintahan, perdagangan dan ekonomi dapat terwujudnya,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag, Irwan mengatakan Pemerintah Daerah bersama Kemenag Limapuluh Kota memiliki komitmen yang kuat untuk terus membumikan visi dan misi pembangunan daerah yaitu mewujudkan Limapuluh Kota Madani. “Untuk tahun ini kita telah melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha di RTH ini dengan harapan dapat menjadi simbol pembangunan peradaban masyarakat Limapuluh Kota yang beriman, berilmu dan berbudaya,” ucap Irwan.

Irwan menyampaikan juga bahwa sampai saat ini terdata 4.567 hewan qurban yang merupakan qurban masyarakat Limapuluh Kota di seluruh Nagari.

“Kita semua tentu berharap semangat berkurban masyarakat Limapuluh Kota dapat kita tingkatkan di masa yang akan datang, berkurban merupakan simbol keikhlasan umat untuk meraih taqwa,” pungkasnya.

Setelah penyelenggaraan Sholat Idul Adha, Bupati Safaruddin menyerahkan hewan Qurban untuk Mesjid Kunci Loyang, Komplek Perkantoran Sarilamak. Bupati Safaruddin tahun ini juga menyerahkan hewan kurban di sejumlah nagari, diantaranya di Jorong Tanjuang Jajaran Nagari Galugua, Nagari Lubuak Alai, Suayan, Koto Lamo, dan Baruah Gunuang serta di Lapas Kelas III Suliki. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *