Nasional

Akmal Malik, Birokrat Sederhana yang Hadirkan Kesejukan di Kalimantan Timur

Samarinda, PilarbangsaNews

Akmal Malik, sosok Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) yang dinilai telah berhasil jadi pemimpin menyejukkan dan membangun Provinsi berjuluk Benua Etam.

Kaltim adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang memiliki beragam potensi Sumber Daya Alam (SDA) terbaik di dunia. Mulai dari pertambangan, kehutanan, sungai, hingga perkebunan tersedia di provinsi ini.

Diketahui, Akmal Malik ditunjuk langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Kaltim menggantikan Isran Noor yang telah habis masa jabatannya.

Putra daerah asal Sumatera Barat (Sumbar) ini adalah seorang tenaga birokrat yang lahir pada 16 Maret 1970 di Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumbar.

Berbagai prestasi cemerlang telah diraih Akmal selama karir birokratisnya. Bahkan, sejak 12 Mei 2022 hingga 12 Mei 2023 Akmal dinilai telah sukses menjalankan amanah dari Mendagri sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Dr. Akmal Malik berdiskusi dengan Pemred media dari Sumbar di atas kapal

Hingga pada bulan Oktober 2023 lalu, Akmal dilantik oleh Mendagri sebagai Pj Gubernur kaltim menggantikan tonggak kepemimpinan Isran-Hadi yang telah habis masa jabatannya pada September 2023 lalu.

Selain menjabat sebagai Pj Gubernur Kaltim, Akmal juga merupakan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otoda) di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) sejak 9 September 2019 lalu.

Akmal dikenal dengan sosoknya yang sederhana dan rendah hati. Hal itu terlihat saat ia melakukan silaturahmi dengan Forum Wartawan Parlemen Sumbar (FWP-Sumbar) di Kota Samarinda pada Senin 10 Juni 2024 lalu.

Meskipun mejabat sebagai orang nomor satu di Kaltim saat ini, tidak satupun terlihat pengawalan dari ajudan yang mengiringi perjalanannya.

Selain itu, Akmal juga merupakan sosok yang pemikir dan visioner terlebih untuk kemajuan kampung halamannya di Sumatera Barat.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Pemred media di Sumbar dalam pelayaran di atas Sungai Mahakam

Banyak hal disampaikannya kepada rekan-rekan media FWP-Sumbar untuk kemajuan yang dapat dicapai oleh Sumatera Barat kedepan.

Akmal menyarankan untuk dapat memaksimalkan potensi di Bidang Pariwisata, Sumber Daya Alam, dan masih banyak lagi.

Ketua FWP-Sumbar, Novianto Ucok dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Akmal Malik adalah sosok birokrat ulung yang membanggakan Sumatera Barat. Dirinya dinilai sangat rapi dalam membangun Kaltim serta berhubungan baik dengan Pemerintah Pusat.

“Kaltim dapat menjadi role model atau contoh bagi provinsi lain di Indonesia. Terlebih dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang pembangunannya sudah hampir rampung,” ucap Ucok.

Selain Ucok, Pemimpin Redaksi (Pimred) media online dan TV dan juga ikut dalam rombongan tersebut mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, termasuk Pemred PilarbangsaNews Gusfen Khairul.

Pemred PilarbangsaNews Gusfen Khairul di Ibukota Nusantara

Menurut Gusfen Khairul, dirinya bersyukur dapat melihat secara langsung kemajuan Kaltim hingga terlaksananya pembangunan IKN di daerah tersebut. Kemegahan IKN yang nanti akan menjadi sebuah ibukota yang canggih serba digital dan ramah lingkungan

“Kita sangat bahagia atas sambutan hangat yang diberikan oleh Bapak Akmal Malik. Alhamdulillah kita telah melihat secara langsung kemajuan Kaltim saat ini, termasuk dapat mengunjungi IKN. Semoga Sumbar juga dapat mencontoh kemajuan seperti yang terlihat di Kaltim saat ini,” kata Gusfen Khairul.

Sebelumnya, Akmal menjamu FWP-Sumbar di sebuah agenda makan siang. Ia tampak begitu bersahabat sambil berbaur dengan rekan media, termasuk bergabungnya Pengurus PWI Kalimantan Timur yang dipimpin A. Rahman.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengajak rekan-rekan wartawan yang biasa meliput di DPRD Sumbar itu untuk makan malam bersama di sebuah kapal yang berada di Sungai Mahakam, Kota Samarinda.

Sambil menikmati hidangan dan pemandangan yang indah di sepanjang Sungai Mahakam, Akmal menceritakan bagaimana Sungai tersebut dapat meningkatkan PAD di Bidang Wisata dan Pertambangan.

Sebelum bertemu dengan Pj Gubernur Kaltim, FWP-Sumbar juga telah melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Kaltim dalam rangka Studi Tiru terkait Pengelolaan Liputan dan Kerjasama Media.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Pertemuan Sekretariat DPRD Kaltim dan diikuti oleh 20 orang Anggota FWP-Sumbar yang diketuai oleh Novrianto Ucok.

Selain itu, kunjungan tersebut juga didampingi oleh Humas dan Protokoler DPRD Sumbar, Arnely Amran dan Ida Wulan Sari. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *