Kota Padang

Bertemu Pengurus Kopassindo Sumbar, Fadly Amran Sepakat Untuk Memodernisasi Pasar Tradisional di Padang

Padang, PilarbangsaNews

Pertemuan tidak sengaja antara Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Komite Pedagang Pasar Tradisional Seluruh Indonesia (DPW Koppasindo) Sumatera Barat dengan Bakal Calon Walikota Padang Fadly Amran terjadi Selasa (30/7/2024) siang di Rumah Makan Pak Ujang di Pasar Bertingkat Fase 1, Pasar Raya Padang.

Rombongan pengurus DPW Koppasindo yang dipimpin Ketua Masrizal Mamak telah lebih dahulu datang ke lokasi yakni sekitar pukul 11.00 WIB usai melaksanakan Rapat Pleno Pengurus di Sekretariat DPW Koppasindo Sumbar, Jalan Juanda Purus, Padang.

Selang sekitar setengah jam kemudian, ketika sebagian Pengurus DPW Koppasindo Sumbar sedang asik makan dan sebagian lainnya menikmati suguhan teh dan kopi, muncullah Bakal Calon Walikota Padang Fadly Amran didampingi beberapa orang anggota rombongan. Semua yang hadir menjadi suprise dan bersalam-salaman.

Fadly Amran dengan santun menyalami satu persatu sekitar 20 orang Pengurus DPW Koppasindo Sumbar dan beberapa orang pengunjung yang tengah menikmati hidangan santap siangnya.

Antara percaya dan tidak, Ketua DPW Koppasindo Sumbar Masrizal Mamak yang didampingi Sekretaris Rina Hastuti dan Bendahara Reni Rani langsung mempersilahkan Fadly Amran duduk disebelahnya. Hadir juga dalam pertemuan tersebut pedagang emas Kota Padang H. Havid Datuk Rangkayo Basa.

Setelah berbasa-basi sejenak, Fadly Amran memesan makan siang diikuti rombongan dan beberapa orang Pengurus DPW Koppasindo Sumbar yang memang belum sempat memesan makanan sebelumnya.

Usai menikmati makan siang, Ketua DPW Koppasindo Sumbar Masrizal Mamak membuka pembicaraan dengan mengatakan bahwa pertemuan ini ibarat pucuk dicinta ulampun tiba. Artinya Koppasindo berkeinginan untuk bertemu dengan Fadly Amran, namun tiba-tiba tanpa rencana bertemu disatu tempat dengan maksud yang sama yakni ingin makan siang.

Masrizal Mamak memaparkan program-program Koppasindo kedepan untuk menata, membina, dan memajukan para pedagang tradisional, salah satunya dengan menata pasar tradisional menjadi pasar yang bersih, rapi dan nyaman, sehingga mampu mengundang masyarakat untuk datang dan berbelanja.

“Pasar tradisional hendaknya juga dilengkapi dengan ruang terbuka dengan taman, kolam air mancur beserta tempat duduk untuk bersantai. Selain itu juga harus ada tempat ngopi dan ngobrol atau lobby-lobby usaha dan politik serta taman bermain anak,” kata Masrizal Mamak yang didampingi Humas DPW Koppasindo Rafles Rajo Endah.

Masrizal Mamak yakin, dengan fasilitas Pasar tradisional yang dimodernisasi itu masyarakat akan antusias kembali berkunjung dan berbelanja ke Pasar Raya Padang. Para pendatang pun akan senang masuk ke pasar tradisional.

Sementara itu, Fadly Amran menyatakan sangat memahami apa yang disampaikan Masrizal Mamak itu dan berjanji akan memenuhinya jika nanti dipercaya menjadi Walikota Padang.

Menurut Fadly, penataan pasar tradisional yang dimodernisasi itu bukanlah hal baru baginya. Fadly mencontohkan penataan pasar tradisional Kota Padang Panjang yang ditata sedemikian rupa telah mengundang masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional, tidak hanya masyarakat Kota Padang Panjang, tetapi juga masyarakat dari kabupaten dan kota lainnya, termasuk dari Kota Padang.

Contoh lain kata Fadly adalah penataan Pasar Kuliner Kota Padang Panjang yang sekarang sudah menjadi sentra kuliner Sumatera Barat. Setiap orang yang berkunjung ke Sumatera Barat akan merasa ada yang kurang jika belum menikmati berbagai hidangan yang ada di Pasar Kuliner Kota Padang Panjang.

Pertemuan dadakan Pengurus DPW Koppasindo Sumbar dengan Bakal Calon Walikota Padang Fadly Amran dan rombongan di Rumah Makan Ampera Pak Ujang di Pasar Bertingkat Fase 1 itu berakhir seiring dengan berkumandangnya suara azan Sholat Zuhur dari masjid terdekat. Namun kedua belah pihak sepakat untuk bertemu kembali guna pembicaraan yang lebih konkrit. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *