.Sumatera Barat

Lomba Cerdas Quran Tingkat SMA/MA/SMK Se Sumbar

Padang, PilarbangsaNews.com,– Ratusan siswa/i dari jenjang pendidikan SMA/MA dan SMK se-Sumbar ambil bagian pada Lomba Cerdas Quran . Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut HUT RI ke 79 Nusantara Maju Indonesia Maju

Gubernur Sumbar mengatakan, pemerintah sepenuhnya mendukung kegiatan lomba ini. Sebab, selain sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan hari HUT RI ke 79 di Provinsi Sumatera Barat, kegiatan ini juga membantu realisasi program unggulan pemerintah daerah, Setiap yang lulus mendapatkan beasiswa gratis dari Pemerintah daerah.

“Ini merupakan pertama kali diadakan lomba Cerdas Quran kita gelar di Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Padang TV. Sebagai pemerintah daerah tentu kami sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini,” kata Mahyeldi dalam pembukaan kegiatan ini di Auditorium Gubernur Sumbar, Jumat (02/08/2024).

Program ini ditujukan untuk menciptakan generasi Sumatera Barat yang berakhlak mulia, yang tidak hanya sebagai pengahapal Alquran saja, namun mampu mengamalkannya ditengah-tengah masyarakat.

Menurut Gubernur, adalah tanggungjawab pemerintah untuk membangun di bidang pendidikan. Untuk memastikan generasi masa depan yang lebih baik untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan. Untuk itu dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pemicu lahirnya generasi penerus Sumatera Barat yang cerdas quran, artinya tidak hanya hafal ayatnya saja namun juga mengerti maksud dan tujuan ayat tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan yang sama, SMAN 1 batang kapas sangat menyambut baik salah satu guru Yaitu Noberli ,SPd.I menyampaikan program tahfidz ini menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam bidang pendidikan. Disamping itu juga mendorong peningkatan sekolah, mutu guru, serta peserta didik hingga meringankan beban orang tua pelajar dan Noberli mengatakan sebagai guru perwakilan dari SMA 1 batang kapas mengdampingi peserta didik 3 orang siswa berharap dapat memenangkan lomba ini serta dapat mengharum nama SMAN 1 Batang Kapas ungkapnya.

“Selain itu kegiatan ini juga diharapkan bisa sebagai ajang untuk melatih mental anak untuk mampu berkompetisi. Terlebih di era globalisasi ini, kompetisi semakin terbua, tak hanya dengan orang di kabupaten ini saja, namun juga dengan dunia luar,” ungkapnya.

Lomba ini dilaksanakan mulai 02 sampai 03 Agustus 2024, diikuti oleh peserta didik tingkat SMA /MA dan SMK dengan total 387 sekolah dan 36 tim. Lomba ini juga mendatangkan juri yang ekspert dari Kairo Mesir di bidangnya sehingga peserta dari lomba ini nantinya juga adalah yang terbaik dari yang lainnya.
(Penulis Dede Sukma, S.Pd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *