Kota Padang

Ny. Vanny Andree : TP-PKK Kota Padang Siapkan Kader Terbaik

Padang, PilarbangsaNews

Guna menambah wawasan bagi Kader PKK di semua tingkatan, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menjalin silaturahmi melalui pertemuan bulanan di Palanta Rumah Dinas, Senin (12/8/2024).

Pertemuan itu juga mempersiapkan lomba gerakan PKK, yaitu lomba kader dasawisma dan kader posyandu berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2024.

“Untuk tahun 2024 ini lomba gerakan PKK yang kita ikuti pada tingkat provinsi mencapai puncak prestasinya yaitu pada peraihan juara umum lomba gerakan PKK yang kedua kalinya. Bukanlah hal yang mudah dalam persiapan lomba, hal yang lebih penting dari kemenangan itu adalah berdampak kepada masyarakat sekitar,” jelas Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Ny Vanny Andree Algamar.

Selain itu, pertemuan juga untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing PKK kecamatan untuk lomba gerakan PKK tingkat Kota Padang, melalui ekspose yang nantinya akan disampaikan oleh ketua PKK Kecamatan.

Ia menekankan bagi Ketua PKK Kecamatan dan kelurahan harus menguasai kondisi organisasi yang dipimpinnya, paham akan tugas-tugas per Pokja PKK yang dipimpinnya.

“Mulai dari cara berkomunikasi dengan pengurus, sehingga dapat menciptakan keharmonisan, menjalin jaringan yang kuat serta bersinergitas dengan warga sekitar. Dengan hal tersebut akan dapat menciptakan inovasi dan ide hebat dalam menjalankan program dan kegiatan PKK yang ada di kelurahan,” ungkapnya.

Ia juga menekankan, Kader Dasawisma, harus mengerti dan paham dan menguasai wilayah kerja 10 sampai 20 rumah, menciptakan inovasi terkait program kegiatan serta pencatatan yang dimaksimalkan. Untuk persiapan lomba, terdapat indikator yang harus dipenuhi, untuk pokja I dan III tidak terlalu berbeda dengan tahun sebelumnya, tetapi harus mempunyai inovasi yang menjadi daya tarik dan mempermudah jalannya pelaksanaan program.

“Sedangkan pokja II dan IV terdapat beberapa penambahan yang memang disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini yaitu pokja II dengan galeri pelangi sedangkan pokja IVtetap dengan PHBS ditambah dengan penanganan stunting,” ulasnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah dari berbagai lomba. Diantaranya lomba paduan suara PKK, terbaik I Padang Timur, disusul Padang Barat dan Koto Tangah. Kemudian lomba kreasi jingle galeri pelangi, terbaik I Padang Timur, disusul Nanggalo dan Padang Barat. Untuk lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan, terbaik I Kuranji, disusul Padang Timur dan Padang Barat. Selain itu, masing-masing kecamatan juga mengekspose program kegiatan PKK kecamatan. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *