Kota Padang

23 Persen Warga Kota Padang Sudah IKD, Kecamatan Pauh Tertinggi

Padang, PilarbangsaNews

Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) terus dikebut. Di Kota Padang, aktivasi IKD warga sudah menyentuh angka 23 persen dan persentase tertinggi sampai saat ini diraih Kecamatan Pauh.

“Hingga 16 Agustus kemarin, sudah 161.953 warga atau 23 persen yang melakukan aktivasi IKD,” ungkap Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Heni Puspita, saat dikonfirmasi langsung, Rabu (21/8/2024).

Heni menyebut, pihaknya akan terus berupaya agar target 30 persen di akhir tahun 2024 dapat tercapai. Salah satu upaya yang dilakukan yakni mendatangi instansi maupun perusahaan yang ada di Padang.

Instansi yang didatangi Disdukcapil antara lain seperti rumah sakit, perhotelan, toko, bank, sekolah. Setiap karyawan diajak untuk aktivasi IKD dan dibantu langsung oleh personil dari Disdukcapil. “Kita langsung datangi kantor yang ada, harapan kita tentunya semua warga Padang sudah IKD,” katanya.

Aktivasi IKD cukup mudah. Hanya melalui ponsel pintar serta Kartu Keluarga (KK), KTP, serta alamat email. Warga hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki ponsel pintar, membawa bukti Kartu Keluarga (KK), KTP, serta alamat email.

“Melalui IKD, akan memudahkan siapa saja nantinya dalam mengurus dokumen kependudukan, karena seluruh dokumen sudah terdapat di IKD tersebut,” terang Heni.

Sementara itu, kecamatan yang paling tinggi melakukan aktivasi IKD yakni Kecamatan Pauh. Kecamatan ini mencatatkan jumlah aktivasi sebesar 27,13 persen. Kemudian Kecamatan Lubuk Kilangan sebesar 25,45 persen dan Padang Timur 25,41 persen. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *